Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
332


Pemimpin yang banyak dipuji biasanya adalah mereka yang berhasil memberikan pertumbuhan bukan hanya kepada perusahaan saja. Tapi bagaimana dia bisa membangun timnya tumbuh menjadi lebih baik.

Nah, sebelum menutup tahun ini dengan indah. Bulan ini adalah waktu yang tempat bagi setiap pemimpin atau leader untuk kembali mereview setiap hasil kerjanya selama setahun penuh. Periksalah apakah kamu benar-benar sudah memenuhi standar sebagai leader yang baik dengan melakukan 9 hal ini?

1. Jadi leader yang benar-benar peduli dengan pertumbuhan timnya.

Apakah kamu sudah jadi leader yang selalu membangun timmu dengan dorongan motivasi? Biasanya leader yang baik akan berani untuk mengoreksi tim dan membantu timnya untuk melakukan hal-hal baru.

2. Leadership yang kuat biasanya akan berdiri menentang status quo.

Menjadi leader memang harus punya passion yang besar dan kepekaan untuk mendobrak sesuatu yang lama. Leader yang kuat biasanya akan membantu timnya keluar dari rasa takut yang sudah lama menghantui mereka dan memimpin tim untuk berani keluar dari cara lama dan mulai mengekplorasi sesuatu yang baru.

3. Leader yang baik selalu mendorong dan memberi kesempatan kepada timnya.

Biasanya seorang leader yang baik akan memberikan kesempatan kepada tim yang bersifat keras dan memberontak untuk berubah. Mereka akan memilih berbicara secara baik-baik daripada menyalahkan, menyerang atau bahkan memberi sanksi.

4. Sifatnya yang bertanggung jawab ditularkan kepada semua tim.

Tak ada kasus diskriminasi atau anak kesayangan di mata seorang pemimpin yang baik. Sebagai pribadi yang adil, dia akan membebankan tugas yang sama kepada bawahannya dan seiring itu pula mengajarkan setiap orang untuk bertanggung jawab dengan tugas-tugasnya.

Baca Juga :

Jadi Pemimpin Itu Nggak Gampang Loh. Belajar dari Si Gurita di Film ‘Deep’ Ini Dulu Yuk


5. Suka memberikan pujian dan penghargaan kepada bawahan.

Leader yang baik tak segan-segan memberikan pujian kepada bawahannya. Misalnya, saat tim berhasil mencapai target maka seorang leader akan dengan senang hati memberikan pujian dan penghargaan. Dia bahkan dengan senang hati akan merayakannya bersama.

6. Leader yang baik akan menyelesaikan masalah dengan cara yang bijaksana

Bagi seorang pemimpin, masalah bukanlah akhir dari segalanya. Justru lewat masalah, dia ingin mengajarkan semua tim bahwa gak ada hal yang gak terlepas dari masalah. Dengan duduk bersama dan berpikir dengan pikiran dingin, leader yang baik akan mencari solusi bersama dan menyelesaikannya dengan baik.

7. Tahu kapan waktunya untuk benar-benar tegas kepada bawahan yang tak mau berubah

Tak semua orang mau berubah. Saat leader sudah habis pikir dan tak mampu membuat bawahannya lebih baik, dia akan dengan tegas mengambil keputusan paling pahit untuk memberhentikannya.

8. Tahu menempatkan waktu bekerja dan beristirahat sejenak.

Seorang leader yang profesional adalah mereka yang mampu membagi waktu antara bekerja dan bermain. Saat waktunya untuk bercanda atau mengambil waktu untuk beristirahat, maka mereka akan ikut terlibat. Dia juga tahu persis kapan waktunya untuk berhenti dan kembali bekerja seperti sedia kala. Leader yang baik adalah mereka yang tahu persis bagaimana menghibur para bawahannya.

9. Tak abai dengan keseimbangan hidup antara keluarga dan pekerjaan

Sebagai pemimpin, dia tahu betul bagaimana semua bawahannya juga punya kehidupan pribadi di luar dari pekerjaan. Karena itulah, dia akan selalu ada mendukung setiap masalah yang dialami salah satu anggotanya. Sebagai pribadi yang juga ada dalam posisi itu, seorang leader yang baik juga tak memaksakan bawahannya untuk memprioritaskan pekerjaan di atas dari keluarga.

Tentu saja banyak orang yang akan memuji nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki seseorang seperti dituliskan di atas. Dari hal ini, apakah kamu termasuk salah satunya? Yuk terus belajar jadi leader yang baik dan berhasil memberikan pertumbuhan bagi tim.

Sumber : Yourtango.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:04:20

Gembala yang baik

0 Answer

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:02:13

Perceraian

0 Answer

Usui_ Takumi 17 January 2019 - 10:23:18

Di bayar utang pada pelanggan rp.200000 pengaruh t.. more..

0 Answer


ROTH GERENEMUS K A U 5 January 2019 - 15:20:01
Saya mohon bantuan doa ny, krna sy mengalami pergo... more..

chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Banner Mitra Week 2


7223

advertise with us