Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
515


Flu merupakan salah satu penyakit yang sering muncul di musim penghujan seperti sekarang ini. Namun, pernahkah kita mengalami pilek atau hidung tersumbat yang tidak kunjung sembuh? Setidaknya, orang yang sakit flu akan membutuhkan waktu 7 sampai 10 hari sampai akhirnya sembuh.

Kalau flu tidak kunjung smebuh sampai lebih dari empat minggu, maka kita harus waspada, sebab bisa jadi ini merupakan salah satu gejala dari sinuitis. Sinuitis bisa menyerang anak-anak maupun dewasa tanpa kenal usia. Hanya saja, kita yang punya sistem kekebalan tubuh yang lemah biasanya akan lebih rentan mengalami sinuitis.

Sinusitis adalah peradangan atau pembengkakan pada jaringan sinus. Sinus merupakan rongga hidung yang berisi udara di belakang tulang wajah.

Untuk lebih waspada, yuk kenali 3 fakta mengenai sinus ini.

1 Terdapat dua jenis sinus

Sinus dibedakan menjadi dua berdasarkan lamanya kita mengalami sakit ini. Ada sinusitis akut yang berlangsung selama 4-12 minggu dan disebabkan oleh flu biasa yang mengakibatkan infeksi virus. Gejalanya dalah ketika lendir hidung berwarna hijau atau kuning, wajah nyeri kalau ditekan, hidung mudah mampet, indra penciuman memburuk juga disertai dengan batuk. Biasanya, sinusitis akut bisa diobati dirumah.

Sinus kronis dialami oleh mereka yang mengalami flu selama lebih dari 12 minggu. Penyakit sinus kronis diakibatkan oleh infeksi, polip pada hidung, atau kelainan tulang pada rongga hidung. Gejalanya hampir mirip dengan sinus akut, hanya saja pada jenis sinusitis ini, baisanya rongga hidung akan mengeluarkan nanah, menyebabkan bau mulut, demam, disertai dengan kelelahan.

2. Aroma bawang bisa membantu membersihkan sinus

Penyakit yang menyebabkan suara sengau, batuk hingga demam ini juga bisa ditanggulangi oleh cara yang alami. Misalnya dengan menghirup aroma dari bawang putih. Saat kita beraktivitas, tidak jarang kita berjumpa dengan debu atau bulu binatang.

Ketika hal ini terjadi, maka kekebalan tubuh melepaskan zat kimia yang disebut histamin yang akan membuat hidung membengkak. Bawang mengandung senyawa kimia quercetin yang memiliki sifat antihistamin dan anti inflamasi. Akibatnya bawang dapat membantu membersihkan sinus yang tersumbat di hidung.

3. Ada pria yang terkena sinusitis karena kebanyakan mengonsumsi es susu coklat

Dikutip dari Detik.com, ada seorang pria yang menjalani operasi sinusitis karena pola makannya yang tidak teratur. Dirinya sering mengonsumsi makanan dengan tinggi gula, berkarbohidrat, juga minum banyak es coklat yang sedang hits.

Minuman coklat ini merupakan minuman yang mengandung banyak gula sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat. Pria ini mengaku kalau dirinya bisa meminum es coklat lebih dari satu dalam sehari.

Nah, jadi kalau kita sudah mengalami mampet berkelanjutan karena flu yang tidak kunjung sembuh, segeralah periksakan diri kita ke dokter. Jangan lupa untuk tetap menjaga pola makanan sebab cuaca penghujan seperti sekarang ini cenderung membuat kita mudah terjangkit berbagai jenis penyakit.   

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

George 21 August 2019 - 06:36:40

Puasa daniel yang benar

0 Answer

dewan toro 21 August 2019 - 06:27:14

Saben omah kudu duwe .... Uwuh

0 Answer

Gilang Angga 19 August 2019 - 19:48:37

Organisasi Yang di bentuk uni soviet untuk membend.. more..

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7274

Banner Mitra Agustus Week 3