Lori Mora

Official Writer
1307


Puluhan pekerja jembatan di Nduga, Papua ditemukan tak bernyawa di lokasi proyek jalan Trans Papua pada Selasa, 5 Desember 2018 kemarin. Mereka diduga dihabisi oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Menurut seorang korban yang selamat, Jimmy Aritonang, para pekerja tersebut disandera oleh KKB sejak Sabtu, 1 Desember 2018. Mereka datang sekitar pukul 15.00 WIT ke kamp PT Istaka Karya dan memaksa semua karyawan untuk keluar. Puluhan korban digiring menuju Kali Karunggame dengan tangan terikat. Mereka lalu dikawal oleh sekitar 50 anggota KKB.

Keesokan harinya para pekerja dibawa berjalan menuju bukit puncak Kabo. Di sanalah anggota KKB menghabisi pekerja satu per satu dengan cara menembaki mereka.

“KKB dalam suasana kegirangan menari-nari sambil meneriakkan suara hutan khas pedalaman Papua. Mereka secara sadis menembaki para pekerja,” demikian keterangan dari Jimmy.

Baca Juga :

Gereja Terdalam di Dunia Rupanya Ada di Papua Loh! Begini Bentuknya…

Suka Dirampok, Jemaat Gereja Ini Sebut Kelompok Bersenjata Papua Iblis

Sebagian korban yang ditembaki tewas di tempat dan sebanyak 11 pekerja berpura-pura mati. Kesebelas ini lalu mencoba melarikan diri setelah anggota KKB meninggalkan lokasi. Sayangnya, aksi melarikan diri itu ketahuan dan KKB akhirnya menembaki mereka. Sebanyak 5 orang diantaranya dinyatakan meninggal dan 6 orang berhasil melarikan diri.

Meski berhasil melarikan diri, keenam pekerja ini tetap saja masih diburu hingga keesokan harinya. Namun empat diantaranya berhasil diamankan anggota TNI di Pos Batalyon Infanteri 775/Yalet. Dua orang lainnya belum diketahui keberadaannya.

Hingga Senin, 3 Desember 2018 sekitar pukul 05.00 WIT, anggota KKB bahkan datang menyerang pos TNI karena masih terus memburu pekerja yang berhasil melarikan diri. Aksi penyerangan ini bahkan menyebabkan seorang personel TNI tewas kena tembak.

Meskipun pihak PT Istaka Karya belum bisa memastikan jumlah pekerjanya yang dibunuh KKB. Namun sampai saat ini dilaporkan terdapat sebanyak 24 pekerja yang meninggal. Sementara dari data sebelumnya diberitakan terdapat sebanyak 31 pekerja proyek jalan Trans Papua yang sedang bekerja di jembatan Kali Yigi dan Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua. Namun belasan pekerja berhasil melarikan diri dan sebagian lainnya belum diketahui keberadaannya.

Terkait kasus penyerangan ini, tim gabungan TNI/Polri telah diturunkan untuk melakukan pemburuan terhadap KKB. Presiden Joko Widodo sendiri telah memerintahkan Kapolri dan Panglima TNI untuk terjun ke lokasi.

“Saya sudah memerintahkan Panglima TNI dan Kapolri untuk ke sana, agar dilihat dulu, jadi tidak sekadar diduga. Karena ini masih simpang siur. Ini masih dikonfirmasi bagaimana kejadiannya. Tapi kita tahu, pembangunan di Papua itu, medannya sangat sulit dan juga masih terdapat gangguan keamanan,” terang Presiden Joko Widodo.

Salah satu masalah yang masih terus terjadi di Papua adalah masih maraknya penyerangan yang dilakukan oleh KKB terhadap masyarakat awam di sana. Tentu saja hal ini bukan hanya sekadar ancaman tapi juga bisa menimbulkan efek domino terhadap kondisi psikologis masyarakat. Hal yang bisa terjadi adalah masyarakat akan hidup dengan rasa takut akibat kasus penyerangan dan pembunuhan sadis dari KKB. Dengan turun tangannya TNI dan Polri di Papua, semoga segera menuntaskan masalah ini sampai ke akar-akarnya.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra Juni Week 1-2


7250

Banner Mitra Juni Week 1-2