Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
262


Sebelumnya, kita telah mengetahui tentang dua tahap belajar yang kemudian membuat kita menjadi seorang profesional. Kita sudah tahu kalau mereka yang mau memperluas kapasitas dengan mempelajari suatu hal yang baru adalah mereka yang akan lebih mudah mencapai kesuksesan.

Baca juga: Lesatkan Karir, Yuk Ketahui 4 Tahap Belajar Sampai Jadi Profesional Ini! (Part 1)

2 tahap pembelajaran yang telah kita ketahui sebelumnya adalah unconsciously unskilled yang bisa diibarat anak kecil yang belum sadar tentang apa yang harus diketahui dan dikuasainya.

3. Consciously working on a skill

Sekarang, kita dengan sengaja atau sadar sedang mempelajari suatu hal tertentu. Cara ini bisa jadi tidak nyaman buat kita pada awalnya. Namun, inilah cara kita untuk belajar. Mempelajari sesuatu yang baru memerlukan waktu dan energi. Ketika kita fokus pada hal ini dan memberikan usaha yang cukup dalamnya, maka dengan sengaja kita sedang mengembangkan sebuah keterampilan baru.

Diperlukan sebuah konsentrasi dan dedikasi ketika kita masih berada dalam tahapan ini. Semakin banyak jam terbang atau praktek yang kita jalani, maka semakin ahli pula pada bidang yang kita jalani ini.

Agar bisa mencapai kesuksesan dalam level ini, cobalah untuk mengambil banyak kesempatan untuk menggunakan keterampilan kita. Misalnya, dengan ikut pada proyek-proyek kecil, ikut menjadi seorang relawan, atau terlibat pada pekerjaan lain yang berkaitan dengan hal yang sedang kita pelajari ini.

4. Consciously skilled

Setelah digunakan terus menerus, keterampilan kita kini menjadi sebuah kebiasaan. Nggak perlu lagi waktu yang banyak atau energi yang berlebih untuk mengerjalan keterampilan tersebut. Kita nggak lagi menemukan banyak kesulitan dalam mengerjakan sesuatu yang berkaitan dengan keterampilan ini.

Belajar ibarat seperti mengendarai sepeda. Awalnya, kita akan mengalami jatuh, kesulitan, dan beragam masalah lain. Namun, makin sering sepeda tersebut dikayuh, makin mahir pula kita mengendarainya. Setelah kita melewati prosesnya ini, tanpa pikir panjang lagi kita sudah bisa berkendara dengan sepeda dengan baik.

Inilah cara kerja otak manusia. Bagaimana kita akhirnya bisa mempelajari sesuatu, yang semula tidak tahu apapun, menjadi mahir, bahkan menjadi kebiasaan. Menggerakan otak kita memang memerlukan banyak energi dan diperlukan pengulangan terus menerus sampai akhirnya menjadi sebuah kebiasaan. Otak kita akan terus menerus terpaku pada pemikiran bahwa ini merupakan sesuatu yang bisa kita lakukan lagi dan lagi.

Belajar adalah hal yang paling menyenangkan yang bisa kita lakukan. Belajar tidak perlu membuat kita ketakutan akan suatu hal. Justru pada masa belajar inilah kita jadi lebih terbuka dengan keterampilan dan kesempatan yang baru. Jadi, biasakan diri untuk memiliki keinginan belajar ini. Keinginan untuk terus menginginkan sesuatu hal bisa membawa kita pada level yang lebih tinggi lagi.

Sumber : medium

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Hendri Sianturi 19 December 2018 - 03:13:24

Kenapa kita sebagai agama kristen memakan babi..Bu.. more..

0 Answer

traveller cantik 19 December 2018 - 00:01:26

Kalau kita tidak menyukai hobby pasangan bagaimana.. more..

0 Answer

Rizam Lede 17 December 2018 - 13:25:45

Mencari pacar yang Takut akan Tuhan

0 Answer


chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Banner Mitra Week  3


7227

Superyouth