Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
711


Banyak banget orang yang menganggap dirinya adalah manusia yang paling nggak beruntung di dunia. Nggak sedikit yang mengeluh karena diberikan bentuk tubuh yang mungkin menurut dirinya sendiri nggak ideal. Bahkan nih, hal seperti ini makin diperparah oleh stigma masyarakat dan media yang selalu menggambarkan bahwa manusia yang sempurna adalah mereka yang memiliki tubuh, kulit putih dan wajah yang rupawan.

Suatu hari, teman saya pernah bercerita mengenai gadis kecilnya yang duduk di kelas 3 SD.

Ketika sang anak pulang sekolah, dia mengadu kepada mamanya dan berkata: "Ma, kaka mau lurusin rambut. Teman-teman kaka di sekolah panggil kakak sebagai si kribo. Kakak nggak suka."

Mendengar hal ini, rasanya sedih ya. Anak-anak kecil pun ikutan melakukan bully karena adanya perbedaan tadi. Yang tadinya sempurna, menjadi sesuatu yang nggak sempurna bagi si kecil bahkan membuat pergaulannya terancam.

Nggak cuma si kecil, kita sebagai orang dewasa pun kadang begitu.

Nah, buat kamu sebagai orang tua. Jika memiliki anak yang menjadi insecure atau kurang percaya diri karena kesempurnaan yang dia anggap sebagai kekurangannya, kamu bisa lakukan hal-hal di bawah ini:

1. Pujilah dia

Tadi pagi ketika saya video call dengan sahabat pria saya, dia memuji saya. Padahal, jelas-jelas saya nggak pakai make up, bahkan sedang membentuk alis.

"Hey cantik, apa kabar pagi ini. Cantik banget ya."

Karena aku sudah mengenal dia, menurutku itu bukan sebuah gombalan. Melainkan sebuah kata yang benar-benar tulus. Menyebutku dengan kata 'cantik' benar-benar mengundang kebahagiaan tersendiri.

Nah, ketika kamu mengatakan dan menyebut anakmu demikian, maka mereka pun akan merasakan hal yang aku rasakan. Kepercayaan diri mereka akan bangkit.

So, mam cara ini benar-benar bisa membantu kamu. Coba deh lakuin.

2. Ajak si kecil ke panti penyandang disabilitas misalnya

Nah, cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan edukasi kepada si kecil dengan cara mengajak dia berjalan-jalan untuk melihat bahwa masih banyak orang yang ternyata jauh lebih tidak sempurna dibanding dirinya.

Kamu bisa ajak dia bertemu dengan anak-anak yang cacat misalnya. Cacat sejak lahir, entah itu yang lumpuh, bibir sumbing, buta dan lain sebagainya.

Lalu beritahu padanya bahwa dia harus bersyukur dengan apa yang dia miliki sekarang. Dengan hidung peseknya, rambut kribonya, mata sipitnya atau mungkin kulitnya yang eksotis.

Nggak cuma itu, membawa si kecil ke tempat beginian pun bisa membangkitkan perasaan yang penuh belas kasihan loh.

3. Ajak dia berdoa dan bersyukur

Yang terakhir, paling penting adalah  ajak si kecil berdoa dan meminta maaf kepada Tuhan, serta ajak dia bersyukur atas apa yang dia miliki.

Beritahu padanya bahwa kesempurnaan adalah milik Tuhan bukan milik manusia.

Selain itu, ajak juga dia untuk mendoakan teman-teman yang mungkin mengejek dia, agar dia bisa mengampuni mereka. Serta berdoa buat orang-orang yang tak sempurna yang dia temui tadi, agar Tuhan memberkati mereka.

Mam, hal-hal begini jangan pernah dianggap sepele ya. Ayuk, kamu harus mulai memperhatikan dan mengajarkan ini ke si kecil dari sejak dini.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

isooy channel 19 October 2019 - 15:40:46

apa perbedaan join di ownerkedasbeauty sama di pro.. more..

0 Answer

Brigitta 19 October 2019 - 15:02:43

Apakah umat Kristen ada mandi wajib

0 Answer

Brigitta 19 October 2019 - 15:02:42

Apakah umat Kristen ada mandi wajib

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7269

Banner Mitra Oktober Week 3