Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
346


Rumah Sakit sebenarnya gak sebersih yang kamu kira. Namanya aja rumah sakit ya kan? Orang-orang sakit yang datang dan pergi tentu saja meninggalkan beragam jenis bakteri dan virus, khususnya di dalam ruang rawat pasien.

Karena alasan inilah para pengunjung yang kebetulan datang berkunjung untuk jenguk keluarga atau sanak saudara sangat disarankan untuk segera mencuci tangan sebelum dan sesudah masuk rumah sakit.

Ada 6 benda yang juga disarankan untuk tidak kamu sentuh kalau tak ingin terjangkit penyakit, diantaranya:

1. Tombol elevator

Berhubung karena lift adalah alat yang paling sering dipakai di semua rumah sakit bertingkat. Tentunya lift jadi salah satu tempat bersarangnya banyak kuman dan virus. Karena itu, jangan biasakan menyentuh tombol elevator rumah sakit. Kamu bisa memakai tisu atau serbet bila perlu. Tapi kalaupun harus, segeralah membersihkan tanganmu baik dengan mencucinya atau memakai hand sanitizer instan.

2. Gagang pintu

Apa hal pertama yang kamu lakukan saat mengunjungi rekan atau kerabat yang dirawat di rumah sakit? Tentu saja membuka pintu kamarnya. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan kalau bakteri banyak hidup di antara benda-benda yang sering disentuh oleh manusia, termasuk gagang pintu. Kita pastinya tak tahu apakah perawat, dokter atau petugas yang lalu lalang melewati pintu itu terjamin bersin atau tidak. Karena itulah kamu harus segera mencuci tanganmu setelah keluar dari ruangan pasien.

3. Kursi tunggu pengunjung

Bawalah obat antibiotik kalau-kalau kamu harus pergi ke rumah sakit. Pastikanlah untuk membersihkan tempat duduk rumah sakit yang akan kamu pakai terutama bagian pegangannya. Sama halnya dengan gagang pintu, pegangan kursi tunggu rumah sakit juga bsia jadi sarang dari berbagai kuman dan virus.

4. Tiang infus dan darah

Ya, tiang infus yang digunakan untuk menggantungkan kantong infus atau darah pasien bisa jadi sarang berkembangbiaknya mikroba patogen. Alasan dibalik hal yang sama adalah tiang ini banyak dipegang oleh pasien dan juga dokter. Jadi, kalau kamu tak sengaja memegangnya pastikan untuk segera mencuci tangan sebelum kamu memegang makanan atau sesuatu dengan tanganmu.

5 Tutup keran

Bayangkan ada berapa banyak orang yang memakai keran kamar mandi di rumah sakit setiap harinya? Kita juga gak bisa memastikan apakah mereka bersih atau kotor. Karena itulah sangat dianjurkan untuk membuka dan menutup keran dengan tissue atau handuk. Atau bersihkan lebih dulu dengan sabun antibakteria yang ada di sana lalu mulailah mencuci tanganmu.

6. Rel tempat tidur pasien

Rel tempat tidur pasien rumah sakit sering kali jadi tempat dimana tangan perawat, dokter atau petugas diletakkan di sana. Apalagi kita tak tahu betul apakah dokter atau perawat baru saja memegang sesuatu yang kotor. Jadi, kalau bisa bawalah tissue basah supaya saat terkena, kamu bisa segera membersihkannya.

Mudahnya seseorang terserang penyakit akibat bakteri dan kuman memang tergantung pada seberapa kuat daya tahan tubuhnya. Tapi bagaimanapun, kita harus tetap peduli dalam menjaga kesehatan kita sendiri. Jangan sampai tujuan kamu berkunjung ke rumah sakit justru membuatmu harus datang kembali ke sana sebagai pasien. Duh, jangan sampai ya!

Sumber : Timesofindia.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Hendri Sianturi 19 December 2018 - 03:13:24

Kenapa kita sebagai agama kristen memakan babi..Bu.. more..

0 Answer

traveller cantik 19 December 2018 - 00:01:26

Kalau kita tidak menyukai hobby pasangan bagaimana.. more..

0 Answer

Rizam Lede 17 December 2018 - 13:25:45

Mencari pacar yang Takut akan Tuhan

0 Answer


chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Banner Mitra Week  3


7227

Superyouth