Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
420


Pada momen pernikahan, kita pasti pengin berbagi kebahagiaan dengan orang-orang terdekat lewat resepsi yang kita gelar. Buat sebagian orang, ada yang memilih sebuah resepsi pernikahan yang besar, ada pula yang sederhana.

Tentu saja, semua tergantung dari kesepakatan kedua belah pihak. Ibarat sebuah proyek, melangsungkan resepsi pernikahan juga diperlukan sebuah perencanaan yang baik. Hal ini nggak jauh-jauh dari besarnya pengeluaran yang perlu kita perhitungkan.

Hal ini tentu jadi tugas sendiri buat kita selaku calon mempelai untuk bisa mengakali pembiayaan biar nggak jebol. Sebab, pernikahan yang meriah ternyata nggak harus mahal, lho. Berikut adalah tips kreatif melangsungkan pernikahan tanpa harus bikin kantong bolong.

1. Menggunakan dekorasi pesta pernikahan orang lain

Hal ini tentu perlu dibicarakan dengan pihak vendor dekorasi. Contohnya, kita hendak melangsungkan pernikahan di hari Minggu, ternyata ada orang yang juga menggunakan vendor sama yang melangsungkan pernikahan di hari Sabtu.

Kita bisa bertanya pada pihak vendor apakah dekorasi yang sama di hari Sabtu tersebut bisa juga dipakai di hari pernikahan kita. Cara ini dapat memangkas biaya pengeluaran karena lebih hemat. Sebab, vendor dekorasi tidak perlu keluar biaya transportasi dan setting ulang tempat pesta.

2. Menggunakan gaun pengantin second

Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau gaun pengantin biasanya hanya dipakai satu kali seumur hidup. Hal ini membuat banyak orang yang memilih untuk menyewa pakaian pengantin. Namun, buat kita yang nggak pengin menyewa gaun pengantin, ada pula cara terbaik untuk membeli gaun dengan harga yang murah.

Caranya adalah dengan membeli gaun pernikahan bekas dari desainer ternama di Indonesia dengan cara membeli dari pengantin sebelumnya. Dibandingkan dengan membeli gaun baru yang harganya selangit, kita bisa memilih cara ini. Selain gaunnya jadi milik kita, kita juga jadi bisa punya gaun karya desainer ternama di Indonesia.

Biasanya, desainer tidak mau menyewakan karyanya, sehingga calon pengantin harus membeli gaun yang hanya dipakai sekali tersebut. Nah, buat kita yang mau pakai gaun hasil karya dari desainer ternama Indonesia, mencoba forum jual beli seperti Carausel bisa menjadi salah satu pilihan terbaik saat memilih gaun pengantin.

3. Mencetak sendiri foto dan video pre-wedding

Beberapa pasangan banyak yang memilih untuk tidak melakukan pre-wedding dengan alasan anggaran yang terbatas. Padahal, ada lho cara mudah dan hemat yang membuat kita tidak perlu keluar uang banyak untuk momen ini.

Kebanyakan jasa fotografer akan menawarkan hasil foto kita untuk dicetak. Biasanya, cetak foto di vendor akan jauh lebih mahal dibandingkan kalau kita mencetaknya sendiri. Jadi, mintalah pada jasa fotografi soft copy dari foto-foto pra-wedding dan pangkas pengeluarannya dengan mencetaknya sendiri.

4. Undangan yang paperless

Sekarang ini, hampir semua teman-teman kita menggunakan smartphone. Peluang ini menjadikan undangan digital sebagai salah satu alternatif terbaik untuk mengundang teman-teman di resepsi pernikahan nantinya. Cara ini akan jauh menekan anggaran pernikahan. Selain hemat karena tidak perlu cetak undangan, cara ini juga akan jauh lebih mudah untuk menjangkau teman-teman kita yang jauh.

Dari cara-cara di atas, ternyata ada banyak sekali cara kita untuk memangkas pengeluaran saat menikah nanti, ya. Semoga menjadi inspirasi! 

Sumber : era.id

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

isooy channel 19 October 2019 - 15:40:46

apa perbedaan join di ownerkedasbeauty sama di pro.. more..

0 Answer

Brigitta 19 October 2019 - 15:02:43

Apakah umat Kristen ada mandi wajib

0 Answer

Brigitta 19 October 2019 - 15:02:42

Apakah umat Kristen ada mandi wajib

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7269

Banner Mitra Oktober Week 3