Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
522


Dalam doa untuk murid-muridNya di Yohanes 17, Tuhan Yesus mengatakan kalau kita bukanlah datang dari dunia (Yohanes 17:6). Kita menyadari bahwa dunia ini berbeda dengan kita, dunia ini menawarkan segala hal yang seringkali tidak sesuai dengan kehendak Tuhan.

Ada banyak cara bagi dunia untuk menjauhkan kita dari Tuhan, mulai dari gosip di pelayanan, sampai bencana alam yang membuat kita kecewa dengan Tuhan. Hal ini membuat kita berpikir kalau di dunia ini nggak ada satu pun tempat yang aman buat kita bernaung.

Namun, dalam doaNya ini, Tuhan Yesus nggak mau kita diambil oleh Bapa dari dunia ini, melainkan memperlengkapi kita untuk bisa menghadapi setiap tantangan yang diberikan oleh dunia dengan percaya diri dan sukacita.

Bukannya mengubah keadaan kita, Dia bermaksud untuk mengubah kita dengan memberi kita hikmat untuk bisa membedakan mana yang baik dan yang jahat. Seperti yang Paulus pernah katakan dalam Roma 12:2, agar kita tidak serupa dengan dunia ini, melainkan berubah menurut pembaharuan budi kita, sehingga kita tahu mana yang berkenan pada Allah, yang baik, dan yang sempurna.

Nah, orang yang bisa membedakan mana yang baik dan tidak sesuai dengan kehendak Tuhan ini merupakan mereka yang bijaksana dan cerdas. Buat mendapatkan berkat ini, diperlukan sebuah kebiasaan dan komitmen untuk akhirnya membuat kita mampu menavigasi dunia yang terlihat rumit dan jahat ini.

1. Hidup dalam hubungan yang benar bersama Tuhan

Satu hal pasti yang membedakan orang-orang bijaksana dengan tidak adalah mereka rendah hati. Mereka menyadari kalau mereka nggak banyak tahu. Banyak dari kita yang terkesan buru-buru dalam situasi atau keputusan karena merasa kita sudah tahu jawabannya. Kita jadi mengandalkan akal pikiran kita.

Padahal, pikiran kita punya batas dan hati kita sangat mudah sekali untuk disesatkan. Amsal 1:7, "Takut akan TUHAn adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan."

Singkatnya, mereka yang cerdas dan bijaksana mengetahui kalau Tuhanlah yang seharusnya menjadi sandaran, bukan pengalaman atau pemikiran mereka sendiri. Dengan sikap yang rendah hati ini, kita akan selalu mengandalkan Tuhan dalam segala hal, sebab mereka mengetahui kalau Tuhan adalah sumber keamanan, kebebasan, damai sejahtera dan kelimpahan.

2. Fokus menemukan kebaikan dalam kehancuran

Kita tahu kalau dunia ini dikutuk oleh dosa. Sangat mudah buat kita berada dalam kehancuran dan mulai percaya kalau Tuhan membiarkan kita berada dalam posisi demikian. Kita jadi sering ketakutan dalam segala hal, terperangkap dalam hal-hal yang negatif, dan lupa akan segala kebaikan Tuhan.

Kita cenderung mundur dari segala risiko dan berada dalam tempat yang menurut kita itu aman. Setiap orang yang dilihat berbeda, kita akan menganggapnya sebagai sebuah ancaman. Dunia ini memang berada dalam dosa, tetapi melalui Tuhan Yesus, Ia telah menebus setiap kita.

Orang yang bijaksana dan cerdas yakin bahwa Tuhan itu baik dan akan senantiasa bersama mereka, meski pada saat-saat sulit sekali pun.Mazmur 27:13, "Sesungguhnya, aku percaya akan melihat kebaikan TUHAN di negeri orang-orang yang hidup!"

3. Mengetahui perbedaan antara apa yang terjadi dan apa yang seharusnya terjadi

Orang yang bijak dapat menerima keadaan, meskipun hal tersebut tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Hal ini bukan karena mereka idealis, hanya saja karena mereka mengetahui bagaimana 'cara dunia bekerja' itu tidak selalu sesuai dengan apa yang Tuhan maksud.

Orang bijaksana akan mengevaluasi segala sesuatunya dengan otoritas yang ada mereka lewat Kristus dan Alkitab. Kemudian mengujinya apakah ini sesuai dengan kehendak Tuhan dan sesuai dengan standar Tuhan. Mereka menyadari kalau Tuhan adalah standar kehidupan, dan kita harus bisa belajar untuk menyerahkan segala sesuatunya kepada Tuhan.

Buat 7 kebiasaan lainnya, kita akan lihat pada artikel selanjutnya, ya… 

Sumber : cbn.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7228

Superyouth