Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
599


Negara yang diberi julukan negeri sakura ini merupakan negara maju pertama di Asia. Hal ini tidak mengherankan, kok. Sebab masyarakat di sana memang dikenal dengan etos kerja yang baik dan penuh etika. Etos kerja ini nggak cuma tersemat dalam perusahaan-perusahaan di Jepang, tetapi juga pada setiap orang Jepang.

Dari kesuksesan orang Jepang, berikut adalah beberapa prinsip yang tertanam dalam masyarakat Jepang yang bisa kita contoh untuk melebarkan karir.

1. Tidak meremehkan jenis pekerjaan apapun

Sementara banyak orang yang menganggap beberapa jenis pekerjaan dengan sebelah mata, hal ini tidak terjadi di Jepang. Buat mereka, gaji atau pendapatan bukanlah alasan untuk mereka tidak melakukan tanggung jawab dalam pekerjaannya. Mereka akan melakukan setiap hal yang diberikan dengan sungguh-sungguh.

Bahkan, perusahaan Jepang cenderung mendidik karyawannya untuk bekerja dari tingkat terendah. Cara ini bertujuan untuk mengenal perusahaan dari berbagai sisi dan agar karyawan bisa belajar untuk mandiri.

2. Ganbatte

Kata ini pasti nggak asing lagi di telinga kita yang pernah menonton acara TV Jepang. Kalau diartikan secara harfiah, ganbatte berarti tetap semangat atau lakukan yang terbaik. Semangat mereka ini ternyata tertanam sejak mereka kecil hingga tua, lho.

Mungkin diantara kita ada yang baru merintis karir, kata ganbatte ini mengajarkan kita untuk mengejar mimpi sampai titik darah penghabiskan. Lewat etos kerja ini, orang Jepang mengajarkan kita kalau untuk bisa menjadi seorang yang terampil, kita harus memberikan yang terbaik, seperti komitmen dan kemauan untuk terus belajar.

3. Bushido

Orang Jepang memang sangat identik dengan ksatria dan perang. Hal ini masih dibudayakan hingga dunia modern ini. Kita bisa melihat bahwa orang Jepang memang terkenal dengan loyalitasnya. Peran seorang Bushido ini adalah untuk menjadi pejuang yang gigih dalam setiap hal yang dikerjakannya. Caranya adalah dengan menghargai rekan kerja, setia dan bertanggung jawab terhadap setiap pekerjaan, bijak dalam menggunakan uang, juga optimis dalam segala waktu.

4. Keishan

Prinsip ini menekankan pentingnya sebuah perubahan dan peningkatan yang konsisten saat kita bekerja. Kalau diartikan, keishan berarti keratif, inovatif dan produktif. Karena memegang teguh prinsip ini, nggak heran kalau ada banyak penemuan yang ditemukan oleh orang Jepang. Mereka sangat terbuka dengan hal baru dan menyukai hal-hal baru.

Penerapannya dalam kesehatian kita adalah dengan membuat jurnal pribadi tentang apa yang ingin kita capai pada hari itu, terus menerus haus akan kreatifitas dan menempatkan diri kita pada orang-orang yang memiliki pemikiran serupa.

Semangat dan etos kerja itu memang penting dalam setiap pekerjaan. Namun, menempatkan diri pada pekerjaan yang sesuai dengan minat dan passion kita juga nggak kalah pentingnya. Sebagai orang percaya, kita selalu diajarkan untuk menjadi pengelola.

Filipi 4:11 “Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan.”

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Alfian Febriyan Official 22 September 2019 - 23:51:09

perbedaan sco unix dan sun unix

0 Answer

vina mukuan 22 September 2019 - 09:05:42

Saya hobby menulis lirik lagu rohani, tapi saya ti.. more..

0 Answer

Galaxy studio moses 21 September 2019 - 19:33:34

Apa dampak dari tersenyum

0 Answer


nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

Banner Mitra September week 3


7276

advertise with us