Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
740


Sudah menjadi tradisi di Indonesia, bahwa sebuah hubungan dimulai saat ada pernyataan "aku cinta kamu" yang terlontar pada pasangannya. Mengatakan "aku cinta kamu" merupakan sebuah langkah besar dalam sebuah hubungan, sebab tandanya kita sudah bersedia untuk berkomitmen dengan seseorang untuk memasuki tahap pengenalan.

Rasa cinta membawa sebuah beban berat karena didalamnya memerlukan sebuah perjanjian dan komitmen di masa yang akan datang. Kalau begitu, kapan sih baiknya kita mengatakan hal ini pada orang yang sudah lama kita dekati?

Cara mengutarakannya memang selalu berbeda buat setiap pasangan. Namun, sebagai orang percaya, kita harus bisa mencintai seseorang berdasarkan prinsip-prinsip alkitabiah. Tuhan sendiri memberi kita hikmat soal hal ini, lho. Berikut adalah saat-saat yang paling tepat buat kita mengutarakan "aku cinta kamu" pada orang yang kita nilai tepat untuk menjadi teman hidup.

1.  Katakan saat kita tidak terbawa oleh emosi

Ketika sebuah hubungan larut dalam emosi, maka kontak fisik akan menjadi lebih cepat. Emosi sangat dekat dengan perilaku seksual kita. Kebanyakan orang, yang akhirnya larut dalam emosi, justru terjatuh dalam dosa kedagingan karena embel-embel rasa cinta.

Untuk itu, kita harus bisa mengesampingkan emosi kita sejenak saat mulai masuk ke dalam tahap pengenalan ini. Ketika Tuhan menjadi prioritas dalam hubungan kita, maka kita akan mendekati pasangan secara obyektif.

Emosi tetap akan memainkan peran, tetapi tidak akan mendikte setiap keputusan yang akan kita buat. Dengan menempatkan Kristus dalam hubungan kita, maka kita akan lebih bijak untuk mengetahui apakah rasa cinta yang kita maksud ini benar-benar dari Tuhan atau hanya secara emosional.

2. Katakan cinta saat kita sudah mengetahui arti cinta dalam pandangan yang Alkitabiah

Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.

Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap."

( Korintus 13:4-8)

Rasul Paulus memberi kita gambaran soal rasa cinta yang sesungguhnya. Kita harus ingat kalau untuk mencintai seseorang adalah sebuah tanggung jawab yang besar. Rasa cinta sendiri perlu kita hidupi dalam keseharian, bukan hanya sebatas perkataan yang kita lontarkan pada pasangan.

Baca juga: Peringati Hari Ayah, Inilah Pesan Bapa di Surga Buat Kita Sebagai Anak-anaknya

3.  Ketika kita sudah membangun sebuah fondasi kepercayaan

Saat kita menjunjung kekudusan dalam sebuah hubungan, maka rasa cinta kita justru membuat kita menjadi semakin ingin dekat dengan Tuhan. Rasa cinta yang tertera dalam Alkitab berarti menghormati Tuhan dan menghormati orang tersebut bahkan kalau sampai akhirnya hubungan tersebut berakhir.

Karena sebenarnya, definisi dari cinta secara Alkitabiah memungkinkan kita untuk mencintai lebih dari satu orang selama kita hidup. Kita justru dipanggil untuk bisa mencintai setiap orang sebagaimana Kristus telah mengasihi kita tanpa memandang status hubungan.

Terakhir, kita harus memahami kalau saat mengucapkan kata "aku cinta kamu" tidak boleh dianggap enteng. Seperti tertulis dalam Alkitab, rasa cinta tersebut jauh lebih besar dibandingkan hubungan pacaran itu sendiri.

Rasa cinta yang ada dalam Kristus melampaui emosi atau perasaan kita. Hal ini menimbulkan dampak yang tidak selalu bisa kita lihat atau pahami. Cinta adalah sesuatu yang kuat. Di sisi lain, kita nggak perlu khawatir dengan kegagalan, sebab rasa cinta Kristus yang ada dalam kita tidak akan pernah mengalami kegagalan.

 

Sumber : crosswalk

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Ivan Sitompul 9 June 2019 - 12:36:56

Tujuan tuhan yesus naik ke surga

0 Answer

Juan Sih 31 May 2019 - 22:21:57

Apakah hari sabat yang dimaksud alkitab adalah har.. more..

0 Answer

liana 27 May 2019 - 14:56:37

menikah tanpa sex

1 Answer


Yu55 Ch4nnel 28 May 2019 - 16:51:25
Bertahun2 saya meninggalkan Tuhan Yesus,hanyut dng... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:04
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Banner Mitra Week 3


7265

Banner Testify 20 (2)