Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
251


Kita pasti sering mendengar kampanye yang menyuarakan untuk rajin memeriksakan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Kenyataannya, banyak orang yang memilih untuk tidak pergi memeriksakan giginya ke dokter. Kebanyakan dari kita hanya akan periksa gigi ke dokter setelah sakit. Padahal, kalau kita rajin memeriksakan gigi kita, maka rasa sakit tersebut bisa dihindari.

Selain rajin gosok gigi dan pakai obat kumur, kita memang dianjurkan untuk secara rutin memeriksakan gigi kita ke dokter gigi untuk mendeteksi dan mengobati berbagai gangguan umum yang menyerang area mulut. Misalnya saja gigi yang berlubang atau sakit gusi yang rasa sakitnya bisa menganggu aktifitas kita sehari-hari.

Saat gigi berlubang dan tidak segera diobati, bisa-bisa berlanjut parah dengan menimbulkan infeksi dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Umumnya, dua hal ini akan dilakukan saat kita memeriksakan.

1. Membersihkan karang gigi

Dalam karang gigi, terdapat banyak bakteri. kalau dibiarkan, maka akan merusak tulang penyangga gigi. Hal ini kemduian akan membuat gigi jadi guyang dan lepas. Ketika gigi kita bersih dari karang, maka kita akan terhindari dari masalah kesehatan gigi dan mulut seperti gusi berdarah, gusi bengkak, dan bau mulut.

2. Pengecekan berkala pada lubang gigi

Terjadinya lubang pada gigi itu bisa tanpa gejala. Bisa saja tahu-tahu gigi sudah berlubang yang cukup besar. Justru kalau kita baru menyadari lubang saat ngilu ketika makan atau minum, tandanya lubang tersebut sudah cukup dalam. Rutin periksakan gigi bisa membuat kita langsung mengambil tindakan yang baik.

3. Memberikan informasi seputar kesehatan gigi dan mulut

ketika kita memeriksakan gigi ke dokter, mereka jugs akan mengecek seberapa baik kita bisa merawat kesehatan mulut dan gigi. Dokter bisa mengajarkan kita bagaimana menggosok gigi dengan benar, misalnya. Dokter juga akan bertanya seputar kebiasaan harian kita atau pola makan yang berdampak buruk pada gigi kita. 

Baca juga: Wow, Cuma Lewat 5 Cara Sederhana Ini, Keluhan Perut Buncit Bisa Diatasi, Lho

Selain rajin memeriksakan gigi, kita juga bisa melakukan beberapa hal di bawah ini agar terhindari dari risiko sakit gigi, menurut Hello Sehat.

1. Terapkan sikat gigi 2 kali sehari dengan pasta gigi berfluoride, terutama saat pagi dan sebelum tidur. Untuk lamanya, kita bisa melakukannya selama 2 menit, dan pastikan semua permukaan gigi tersikat, termasuk lidah dan bagian langit-langit dengan lembut.

2. Melakukan flossing atau memakai benang gigi minimal sehari sekali. Flossing atau kegiatan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang memang masih terbilang jarang dilakukan di Indonesia. Namun, kegiatan ini sangat penting untuk mencegah menumpuknya bakteri dan plak yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

3. Gunakan zat fluoride tambahan untuk mencegah gigi berlubang. Pada orang yang punya risiko gigi berlubang tinggi, dianjurkan menggunakan obat kumur berfluoride. Sedangkan pada orang dengan risiko penyakit gusi yang tinggi, bisa menggunakan obat kumur antimikroba sesuai anjuran dokter.

Nah, ketika gigi sehat, nggak cuma kita yang nyaman. Gigi sehat juga mendukung penampilan dan membuat mulut kita jadi tidak mudah bau, lho. Jadi, yuk mulai lakukan beberapa hal di atas tadi. 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 2


7221

advertise with us