Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
590


Banyak orang yang berpendapat kalau uang merupakan sesuatu hal yang sangat sensitif untuk dibicarakan. Karenanya, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengetahui kondisi keuangan kita saat ini. Kondisi keuangan disini biasanya membahas tentang pendapatan, aset, pola pengeluaran, sampai tanggungan dan kewajiban yang harus kita penuhi.

Terutama saat kita masih single, ada banyak alasan buat kita untuk nggak buka-bukaan tentang kondisi keuangan dengan orang tua. Beberapa beralasan karena orang tua tidak bertanya, ada pula yang menganggap kalau buka-bukaan kondisi keuangan justru akan membuat orang tua khawatir.

Sebagai pribadi yang kini mandiri, pilihan untuk buka-bukaan atau tidaknya soal keuangan sangat tergantung pada kita. Namun, ketika kita memilih untuk terbuka dengan orang tua soal kondisi keuangan, maka kita akan mendapatkan tiga manfaat ini, lho.

1. Hubungan orang tua anak makin dekat

Banyak orang yang berpendapat kalau sebagai pribadi yang belum menikah, sikap keterbukaan terhadap kondisi keuangan dengan orang tua menjadi salah satu hal tanda bahwa hubungan kita dengan orang tua terjalin cukup baik.

Banyak orang yang beranggapan kalau asal kita mengirimi orang tua uang, maka kita nggak perlu lagi menceritakan kondisi keuangan kita. Namun, dengan sikap kita yang terbuka, maka orang tua akan menganggap kita percaya kepada mereka.

2. Mendapatkan wejangan atau nasihat

Jujur deh, orang tua kita itu sudah mengalami asam garam kehidupan. Hal ini nggak terkecuali soal kondisi keuangan. Sedikit banyak, mereka jauh lebih berpengalaman soal keuangan dibandingkan kita. Ketika kita memutuskan untuk terbuka soal hal ini, maka besar kemungkinan juga kita akan mendapat nasihat atau wejangan perihal keuangan. Tentu saja, yang mereka lakukan hanya sebatas masukan, sebab keputusan tetap ada pada kita.

3. Untuk berjaga-jaga

Saat kita masih single, maka kita masih menjadi tanggung jawab bagi orang tua kita. Sehingga saat kita bergabung dalam sebuah perusahaan, otomatis mereka pula yang akan menjadi pihak kedua yang dihubungi saat ada sesuatu hal yang terjadi pada kita.

Kita nggak bisa menebak tentang apa yang bisa terjadi di masa yang akan datang. Bisa saja kita sakit, atau mengalami hal lainnya. Orang tua akan menjadi pihak yang pertama diberitahu. Maka, mereka yang nantinya berhak atas fasilitas tunjangan, begitupun kalau kita punya kewajiban yang belum dibayarkan.

Berbicara soal keuangan seharusnya tidak menjadi hal tabu buat kita. Memangnya, apa sih salahnya terbuka terhadap kondisi keuangan? Justru sebenarnya, kita bisa melihat kepribadian seseorang dari caranya menghabiskan uang yang ia peroleh. Apalagi, orang tua adalah orang terdekat yang sangat kita kasihi. Tentu saja, keputusan untuk terbuka dengan orang tua ada di tangan kita. Jadi, apa nih keputusanmu? 

Sumber : jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erlan Atandima 14 December 2019 - 10:58:36

Ciri ciri lahir kemabali

0 Answer

Shanty Nurvita 13 December 2019 - 22:07:07

Tiga kali umur Airin di kurangi umur Amel lebih da.. more..

0 Answer

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7265

advertise with us