2 Alasan Mengapa Rasa Kesepian Itu Bermanfaat Bagi Pertumbuhanmu!
Sumber: http://www.ignitumtoday.com

Single / 2 November 2018

Kalangan Sendiri

2 Alasan Mengapa Rasa Kesepian Itu Bermanfaat Bagi Pertumbuhanmu!

Naomii Simbolon Official Writer
2473

Semua orang pasti pernah mengalami kesepian. Sebenarnya perasaan sepi yang hadir itu sering sekali tercipta oleh sugesti kita sendiri.

Pikiran kita terlalu dini membentuk sebuah anggapan bahwa pasangan atau orang lain bisa membuat diri kita nyaman dan tak lagi kesepian.

Sahabat, ketika Tuhan mengizinkan kita merasakan sebuah kesepian, itu berarti Tuhan ingin sesuatu kita lakukan. Cobalah pertimbangkan cara ini dan ketahuilah bahwa Allah sedang melakukan sesuatu kepada kamu dalam kesepian yang kamu rasakan sekarang.

1. Jangan merenungi nasib tetapi serahkan pikiranmu kepada Tuhan dalam kesepian ini dan semakin intimlah denganNya

Pikirkan mengenai waktu dalam hidup kamu yang mungkin kamu lalui dengan kesibukan guna untuk mencari pelampiasan atas kesepian kamu.

Ngumpul ke sana sini, ambil kerja di luar jam kantor, dan lain sebagainya.

Kesibukan kita membuat kita fokus kepada hal-hal lain, dan lupa untuk fokus pada hal yang utama yaitu hubungan kita dengan Tuhan. Selama masa kesepian ini, kita harus bergantung kepada Tuhan untuk segalanya. Kita belajar bahwa Yesus adalah sahabat terbaik kita. Serahkanlah semuanya kepada Tuhan, termasuk kesepian kamu dan ambillah waktumu untuk semakin intim kepadaNya, bukan mencari kesibukan yang nggak jelas sama sekali.

2.Kesepian bisa menjadi waktu yang baik untuk mengurus diri sendiri dan masa depan

Dari pada menangis tidak jelas dan menggerutu, mending ambil pena dan kertasmu, lalu daftarkan hal-hal yang harus kamu kerjakan dalam waktu ke depan.

Entah itu olahraga, entah itu membuat karya, entah itu melayani, dan lain sebagainya.

Buatlah kesepian saat ini menjadi waktu untuk mengevaluasi diri kamu dengan jujur. Apa hal-hal yang bisa kamu kerjakan dalam kehidupan kamu sendiri saat ini, bisakah kamu meningkatkan rutinitas latihan dan kebiasaan makan kamu menjadi jauh lebih baik, atau akankah kamu mengambil pendidikan keuangan dan berivestasi melalui hobi yang sedang kamu nikmati?

Mungkin kesepian ini bisa kamu jadikan sebagai waktu untuk mengejar dan menemukan tujuan Tuhan dalam hidup kamu. Menjadi waktu eksplorasi diri dan meningkatkan diri. Mungkin kamu merasa kesepian karena kamu terlalu menghargai hubungan daripada Tuhan dan lain sebagainya.

Izinkanlah musim ini menjadi waktu untuk mengevaluasi sikap kamu, sehingga kamu bisa menjadi lebih baik ke depan.

Tuhan sudah memberikan kita bakat, keterampilan, dan talenta yang unik untuk digunakan meningkatkan kehidupan orang-orang disekitar kita dan menjadi berkat.

Saatnya bergerak bagaimana menggunakan itu untuk kemuliaan Tuhan dan meningkatkan kebenaran dalam hidup kamu sendiri.

Kesepian itu nggak asik, tetapi jika Tuhan bersama kita maka kamu akan tahu bagaimana membuat hidup kamu dan diri kamu jauh lebih baik dalam masa kesepian ini.

 

 

Sumber : berbagai sumber/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami