Berita Duka Warnai Media Sosial, Yuk Sikapi Dengan 3 Cara Ini
Sumber: cbn

Single / 29 October 2018

Kalangan Sendiri

Berita Duka Warnai Media Sosial, Yuk Sikapi Dengan 3 Cara Ini

Inta Official Writer
1942

Sejak pagi tadi, baik sumber-sumber berita maupun media sosial dipenuhi berita duka soal hilangnya pesawat Lion Air yang membawa total 189 penumpang. Respon atau sikap orang mengenai berita ini pun bermacam-macam. Ada yang ikut mendoakan agar tim pencari sesegera mungkin dapat menemukan para korban, juga meminta keselamatan bagi para korban, dan lain sebagainya.

Beberapa waktu yang lalu juga kita menerima berbagai berita duka soal bencana alam yang terjadi di Lombok, Palu, Sigi dan Donggala. Sebagai orang percaya, bagaimana sih kita bisa menanggapi berita duka yang kita temukan dalam media ini?   

1. Tidak ikut menyebarkan gambar-gambar korban yang tersebar

Sejak tadi pagi, grup Whatsapp saya langsung penuh dengan teman-teman yang mengirimkan gambar-gambar para korban. Tentu saja, niatan mereka adalah baik, yaitu untuk memberi tahu kondisi terkini bagi para korban. Namun, bukankah lebih baik lagi kalau kita tidak ikut menyebarkan gambar ini?

Coba deh tempatkan diri kita kalau ternyata ada kerabat, keluarga atau teman korban yang menerima gambar tersebut. Sebagai penikmat media sosial, seharusnya kita membantu menguatkan mereka, bukan justru menyebarkan ketakutan lewat gambar-gambar korban.

2.  Mendukung dalam doa

Kuasa doa itu sangat dahsyat, lho. Saat kita nggak lagi bisa berbuat apa-apa, kita hanya bisa melakukan bagiannya kita, yaitu berdoa dan menyerahkan sisanya pada Tuhan. Kita pasti tahu kalau nggak ada kejadian apa pun yang kebetulan di dunia ini.

Ketika kita nggak bisa secara langsung terjun untuk memberikan pertolongan, dukungan doa merupakan salah satu upaya kita untuk membantu mereka. Kita bisa berdoa pada Tuhan agar mereka yang terkena bencana atau kecelakaan menjadikan Tuhan sebagai tempat perlindungan yang teguh.

Kita berdoa agar melalui apa yang mereka alami mereka menyadari bahwa Tuhanlah satu-satunya sumber pertolongan. Kiranya mereka juga bisa lebih mengenal Tuhan dan menyadari karya Tuhan yang ada dalam kehidupan mereka.

3. Mengajak orang lain untuk ikut mendoakan dan memberikan dukungan

Lewat kemudahan yang ditawarkan oleh media sosial, kita bisa mengajak orang lain untuk juga ikut mendukung dalam doa. Kita bisa ikut menyebarkan berita ini dan meminta orang lain agar bisa ikut membantu mereka.

Siapa tahu, kalau lewat berita yang kita sebarkan ini, ada banyak tangan yang nantinya terulurkan buat mereka yang membutuhkan. Mungkin kita nggak bisa terjun langsung, tetapi ada orang yang lebih bisa membantu, yang ketika kita sebarkan berita ini, kemudian hatinya akan tergerak untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Setelah bencana atau kecelakaan terjadi, mari kita meminta pemulihan dari Tuhan bagi para korban. Semoga Tuhan memberikan sukacita dan damai sejahtera setelah kehilangan yang mereka alami. 

Sumber : jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami