Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
713


Penting nggak sih berdoa untuk teman?

Ketika ditanya, tentu rata-rata orang akan menjawab 'penting' namun dalam prakteknya, kita sering sekali melupakan hal ini. Padahal berdoa untuk teman-teman kita salah satu hal yang terpenting yang bisa kita lakukan bagi mereka.

Yang sering terjadi dalam doa kita adalah berfokus pada kebutuhan kita sendiri, padahal bersyafaat buat orang lain juga perlu banget.

Mau itu berdoa buat teman yang baik dan nggak, teman dekat atau jauh, yang jelas kamu harus tahu bahwa mereka sangat membutuhkan doa kita, meski mereka tak pernah mengungkapkannya.

Agar spesifik, nggak salah kok kamu hubungin mereka atau temui mereka dan bertanya apa yang perlu didoakan oleh kamu. Saya sudah melakukannya, dari 4 teman yang saya tanya 3 dari mereka membutuhkan doa.

Jika kita melakukan ini, percayalah kita akan merasa lebih dekat dengan Tuhan dan teman-teman kita tersebut.

Inilah doa yang bisa kamu lakukan untuk mendoakan mereka!

1. Doa untuk semangat bagi teman yang dalam kesulitan

Ya Tuhan,

Saya berdoa untuk temanku ini (sambil menyebut namanya).

Saya berdoa, bantulah mereka dengan segala perjuangan yang mereka sedang alami di musim kehidupannya ini. Engkau tahu persis apa yang dibutuhkan olehnya saat ini. Mendekatlah ke pada mereka dan biarkan mereka merasakan hadiratMu. Buka mata, telinga dan hati mereka. Bantulah mereka untuk semakin tajam dalam mendengar suaraMu yang memimpin mereka ke dalam langkah selanjutnya. Bicaralah kepada mereka saat mereka membaca firmanMu dan berikanlah kepada mereka kekuatan.

Saya berdoa agar Engkau menenangkan mereka dari rasa takut, dan cemas yang mereka rasakan.

Saya berdoa, bimbinglah mereka terus dalam menjalani hari mereka. Dalam nama Yesus saya berdoa, Amin.

2. Doa untuk sahabat dekat

Ya Tuhan,

saya berdoa untuk sahabat saya sekarang ini. Saya berdoa, pimpinlah dia dan bimbinglah dia dalam mencari pekerjaan barunya, mimpinya dan teruslah dia berharap.

Engkau yang tahu apa yang dia butuhkan dalam gaji, jam kerjanya, tunjangan dan jalan menuju mimpinya. Saya berdoa, bekalilah dia dalam posisi yang sempurna dalam waktu yang sempurna juga. Bantulah dia untuk bersabar dan jangan biarkan musuh membuatnya patah semangat. Juga bantulah saya untuk menjadi sahabat yang baik yang mendorong dan mendukung dia, baik dalam susah dan senangnya. Dalam nama Yesus, saya berdoa. Amin.

3. Berdoa untuk teman yang jauh dari kita

Dalam nama Yesus, saya membawa teman saya yang jauh dari saya. Saya tahu bahwa Engkaulah yang menetapkan dia ada di kota itu. Maka  bantulah dia belajar dan melakukan apa yang Engkau kehendaki di kota itu. Saya berdoa berikan dia komunitas dan keluarga gereja yang baru untuk membuat dia tetap bertumbuh.

Gantikanlah kecemasan yang dia rasakan dengan damai sejahtera dan kenyamanan. Bimbinglah dia dalam perjalanannya hari ini. Dalam nama Yesus saya berdoa, Amin.

Alkitab menuliskan banyak mengenai pertemanan dan persahabatan, bagaimana kita memilih sahabat, dan bagaimana kita berinteraksi satu sama yang lain.

1. "Seperti ketika aku mengalami masa remajaku, ketika Allah bergaul karib dengan aku di dalam kemahku;"(Ayub 29:4)

2. "Sebagai balasan terhadap kasihku mereka menuduh aku, sedang aku mendoakan mereka."(Mazmur 109:4)

3. "Aku berkata kepadamu: Sekalipun ia tidak mau bangun dan memberikannya kepadanya karena orang itu adalah sahabatnya, namun karena sikapnya yang tidak malu itu, ia akan bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya."(Lukas 11:8)

4. "Lalu TUHAN memulihkan keadaan Ayub, setelah ia meminta doa untuk sahabat-sahabatnya, dan TUHAN memberikan kepada Ayub dua kali lipat dari segala kepunyaannya dahulu."(Ayub 42:10)

5. "Orang benar mendapati tempat penggembalaannya, tetapi jalan orang fasik menyesatkan mereka sendiri."(Amsal 12:26)

Dengan setiap musim baru, kita perlu bertanya kepada teman-teman kita apa yang mereka butuhkan untuk didoakan. Dalam Tuhan kita perlu saling menopang.

Berdoa dan menjadi perantara bagi teman-teman kita adalah salah satu hal yang paling penuh kasih yang bisa kita lakukan. Kita dipanggil untuk saling mengasihi dan saling mendukung. Teman-teman di dalam Tuhan adalah teman selamanya!

Sumber : berbagai sumber/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Irat Irat 16 June 2019 - 14:09:41

Tuliskan kesimpulan bagaimana anda mendengar,serta.. more..

0 Answer

#v 07 virma purba 15 June 2019 - 09:28:34

apakah arti firman Tuhan menurut kitab ulangan

0 Answer

Osee 516 14 June 2019 - 12:18:08

Apakah boleh Kristen merokok

1 Answer


Yu55 Ch4nnel 28 May 2019 - 16:51:25
Bertahun2 saya meninggalkan Tuhan Yesus,hanyut dng... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:04
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Banner Mitra Week 3


7264

Banner Testify 20 (2)