Inilah 5 Deklarasi Pemilu Damai yang Ditandatangani Petinggi Lembaga Agama…

Inilah 5 Deklarasi Pemilu Damai yang Ditandatangani Petinggi Lembaga Agama…

Lori Official Writer
1599

Petinggi lembaga agama, yang terdiri dari Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Parisadha Buddha Dharma Niciren Syosyu Indonesia (NSI), Parishada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin), Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi), secara bersama-sama telah menandatangani deklarasi perdamaian dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Deklarasi perdamaian dan persatuan ini ditujukan untuk mengawal perhelatan pemilu damai yang sebentar lagi akan berlangsung. Sebagai negara yang terdiri dari beragam keyakinan, suku dan ras, umat beragama di Indonesia diharapkan ikut menjaga kerukunan.

Penandatanganan deklarasi perdamaian ini sendiri digelar pada Minggu, 21 Oktober 2018 kemarin.

Adapun 5 butir deklarasi damai ini berisi tentang janji para petinggi lembaga agama untuk :

1. Senantiasa menjaga dan menjalankan fungsi dan peran agama sebagaimana mestinya.

2. Secara aktif mengikhtiarkan dan melakukan penyadaran akan pentingnya nilai-nilai perdamaian dan persatuan pada semua golongan umat beragama yang sesuai dengan hakikat ajaran agamanya masing-masing.

3. Mendukung dan membantu pemerintah dalam menciptakan iklim yang sejuk dan kondusif di kalangan masyarakat, sehingga senantiasa tercipta perdamaian dan persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI);

4. Bahwa Kami dengan penuh kesadaran akan menerima perbedaan Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA) sebagai realitas dan fakta nyata akan keragaman Keluarga Besar Bangsa Indonesia.

5. Senantiasa mewujudkan terciptanya Kerukunan Hidup antar Umat Beragama di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara acara penandatanganan ini disaksikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Ketua Pemilihan Umum Arief Budiman dan Ketua Bawaslu Abhan.

Menteri Lukman sendiri berharap, setiap deklarasi damai ini bisa dijalankan oleh seluruh pemimpin lembaga agama demi mewujudkan perdamaian dan kerukunan bangsa.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami