Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
700


Hari ini kita dikejutkan dengan berita pailitnya perusahaan teh celup legendaris Indonesia, PT Sariwangi Agricultural Estates Agency dan anak usahanya PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (Indorub). Kedua perusahaan ini dinyatakan pailit setelah terjerat utang dalam jumlah yang sangat besar terhadap krediturnya.

Sebagai salah satu penikmat teh celup Sariwangi, kamu tentu saja tak menyangka kalau perusahaan teh itu akan berakhir dengan kondisi yang cukup memprihatinkan.

Pailit atau dalam istilah umumnya bangkrut adalah kondisi dimana sebuah usaha mengalami kerugian yang lebih besar daripada keuntungan. Sedangkan istilah pailit dikenakan pada kasus saat debitur menunggak membayar utangnya kepada kreditur. Akibat kemandetan pembayaran ini, debitur harus menerima hukuman sesuai dengan hukum perjanjian dengan kreditur. Inilah yang tengah dialami oleh PT Sariwangi dan PT Indorub.

Tentu saja kita yang menjalankan usaha saat ini tak ingin berakhir dengan nasib yang sama bukan? Memang jadi hal yang wajar kalau sebuah bisnis mengalami kebangkrutan. Tapi akan jauh lebih baik jika kita bisa meminimalis risiko itu sejak dini. Sehingga kondisi keuangan kita pun bisa jauh lebih sehat.

Lalu apa sih cara yang bisa dilakukan para pengusaha supaya gak mengalami kebangkrutan atau pailit?

Berikut 5 hal penting yang harus dilakukan sejak dini.

Pertama, hindari berutang buat modal

Buat yang mau bangun usaha perlu ditekankan untuk memulai usaha dengan modal sendiri. Kalau bisa hindari meminjam modal usaha dalam jumlah yang cukup besar dari kreditur. Kenapa? Karena pada umumnya kreditur pasti akan meminjamkan modal yang diberatkan dengan beban bunga.

Meminjam modal dan usaha berjalan lancar sih nggak masalah. Tapi saat usaha gagal dan ngak laku, ini yang makin memberatkan. Jangankan bayar cicilan utang, balik modalpun bisa jadi proses yang sangat memberatkan para pengusaha.

Kedua, terapkan rencana bisnis dan keuangan yang terarah

Menerapkan rencana bisnis penting sekali bagi tata kelola dan keberhasilan sebuah usaha. Misalnya, membuat rencana penjualan dan pemasaran, rencana operasional, anggaran biaya modal dan alokasi keuangan. Rencana bisnis inilah yang menjadi peta masa depan bisnis, yang menjadi pemandu dalam setiap operasi dan penganggaran keuangan. Hal inilah yang akan membantu pemimpin perusahaan untuk bisa mengontrol pendapatan dan pengeluaran tetap seimbang.

Ketiga, selalu berinovasi dan mampu berdaya saing

Banyak startup yang tumbang tak lama sejak berdiri karena gak mampu bersaing dengan startup lain yang lebih inovatif. Bahkan semelegenda apapun sebuah produk, kalau mereka tak mengikuti perkembangan dan minat pasar maka produk mereka akan tergilas dengan produk serupa yang lebih fresh dan menarik.

Inovasi gak hanya bicara soal produk tapi dalam hal keuangan juga sebuah perusahaan perlu menerapkan cara kerja yang lebih kreatif. Sehingga bisa menarik minat konsumen baik dari segi produk maupun dari segi harga. Menarik, berkualitas dan murah adalah jenis produk yang jadi incaran konsumen.

Keempat, khusus bagi peminjam modal sangat disarankan membayar pinjaman tepat waktu

Sebagai debitur, sudah menjadi tanggung jawabmu untuk selalu menjalin hubungan baik dengan kreditur. Salah satu kewajiban yang tak boleh terlewatkan adalah membayar cicilan pinjaman tepat waktu. Karena prosedur peminjaman biasanya didukung oleh hukum maka sudah tapi tanggung jawab untuk membayar pinjaman dengan teratur dan sampai lunas.

Kelima, selalu jujur dengan kondisi yang dihadapi dan terbukalah dalam mencari bantuan

Ada banyak perusahaan yang diam-diam membohongi karyawan dan publik. Akibatnya, karyawan dirugikan dan publik menjadi kehilangan kepercayaan terhadap perusahaan. Menutupi kondisi yang dialami di dalam sama sekali tidak akan membantu perusahaan memperbaiki kondisi yang dialaminya. Karena itulah, transparansi dan rasa saling percaya harus selalu ditumbuhkan di tengah lingkungan perusahaan. Sama pentingnya saat perusahaan membuka diri dalam menerima masukan dari pihak lain atau ahli keuangan dan pemasaran sebagai bentuk evaluasi atau masukan positif untuk perusahaan.

Selain kelima hal di atas, sebuah perusahaan akan terhindar dari masalah kebangkrutan jika benar-benar bisa memilih rekan bisnis yang tepat dan profesional. Jangan pernah tertipu dengan rekan bisnis yang kelihatan baik namun perlahan-lahan justru menusukmu dari belakang.

Dalam Alkitab, kebangkrutan atau kegagalan bukanlah sebuah dosa. Tapi Alkitab sangat jelas menuliskan soal tanggung jawab akan uang, dimana bagi siapapun yang berjanji untuk membayar hutangnya harus membayarnya tepat waktu.

“Jadi, kalau engkau berjanji kepada Allah, tepatilah secepat mungkin. Dia tidak suka kepada orang yang berlaku bodoh. Sebab itu, tepatilah janjimu. Lebih baik tidak membuat janji daripada berjanji tetapi tidak menepatinya.” (Pengkhotbah 5: 4-5)

Hal yang terutama yang harus dilakukan para peminjam adalah membayar semua utangnya. Tuhan sama sekali tak membedakan antara hutang pribadi dan hutang bisnis. Karena saat kita meminjam uang untuk tujuan apapun, kita membuat sumpah atau janji untuk membayarnya kembali.

Tapi untuk kasus peminjam modal yang mengalami kebangkrutan karena alasan kelalaian sendiri dan tak mampu mengembalikan pinjaman itu, maka Tuhan berkata supaya kita mengakui kesalahan kita karena Tuhan yang setia dan adil akan mengampuni dosa-dosa kita (1 Yohanes 1: 9). Setelah menerima pengampunan, kita harus siap menerima ganjaran dari ketidaktaatan kita dalam meminjam.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7221

advertise with us