Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
265


Sebagian dari kita mungkin beranggapan kalau BPOM lebih berfokus pada mengawasi keamanan obat. Padahal, BPOM sendiri nggak cuma mengawasi obat, melainkan juga makanan, sesuai dengan arti BPOM yang merupakan Badan Pengawasan Obat dan Makanan.

Sayangnya, nggak sedikit dari kita mengabaikan fungsi BPOM ini. Orang lebih mengedepankan makanan enak tanpa adanya BPOM, atau produk-produk yang menjanjikan sehat lebih cepat dibandingkan dengan produk yang ada label BPOMnya.

Fungsi BPOM

Badan POM bertugas yaitu melaksanakan tugas pemerintah di bidang pengawasan obat dan makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Fungsi-fungsi dari BPOM, selain mengatur dan menjadi standar bagi obat dan makanan beredar adalah;

1. Lisensi dan sertifikasi industri di bidang farmasi berdasarkan cara-cara produksi yang baik.

2. Evaluasi produk sebelum diizinkan beredar dan masuk ke pasaran.

3. Post Marketing Vigilans termasuk sampling dan pengujian laboratorium, pemeriksaan sarana produksi dan distribusi, penyidikan dan penegakan hukum.

4. Pre-audit dan pasca-audit iklan dan promosi produk yang telah beredar di pasaran.

5. Riset terhadap pelaksanaan kebijakan pengawasan obat dan makanan (Internal).

6. Komunikasi, informasi dan edukasi publik termasuk peringatan publik (Publik Warning).

BPOM merupakan standar

Masih ingat beberapa waktu yang lalu BPOM mengeluarkan surat edarat terkait aturan label dan iklan pada produk susu kental manis? Produk ini dihilangkan kata ‘susu’nya sebab dibandingkan dengan susu, produk ini lebih banyak mengandung gula.

Ketika kita mengonsumsi makanan atau minuman, khususnya yang berada dalam kemasan tanpa BPOM, bisa jadi makanan atau minuman tersebut mengandung bahan kimia yang tidak seharusnya kita konsumsi.

BPOM sendiri akan memberikan sanksi yang cukup berat jika ada usaha yang langgar aturan ritel pangan. Saat ini, BPOM berfokus pada keamanan pangan yang dijual di tempat penjualan dan toko modern seperti supermarket atau minimarket di seluruh Indonesia.

Mengingat masih ada 32,99 persen dari 9.087 sarana ritel yang diperiksa masih belum menerapkan Cara Ritel Pangan yang Baik (CRPB) sesuai aturan. Bagi toko yang masih nakal, pihak BPOM tidak segan-segan memberikan sanksi tegas.

"Sanksi yang diberikan bisa sampai pemberhentian izin kalau kesalahannya berat sekali. Bisa sampai ke perkara hukum," ujar Kepala BPOM Penny K. Lukito saat ditemui di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis (18/10/2018) dikutip dari Detik Health.

BPOM dalam produk kecantikan

Khususnya bagi wanita yang sangat memperhatikan penampilannya, seringkali tergiur untuk menggunakan obat pemutih wajah atau tubuh yang sebenarnya mengandung bahan berbahaya. BPOM bisa dibilang merupakan badan sertifikasi tertinggi untuk obat dan makanan yang selalu mengawasi produk yang telah mendapat notofikasi secara berkelanjutan untuk memastikan keamanannya.

Ketika ada badan usaha yang ingin membuat produk kecantikan atau perawatan kulit, maka harus didaftarkan terlebih dahulu ke Badan POM. Ada rangkaian panjang dan tes yang harus dilalui agar sebuah produk mendapatkan ijin dan nomor registrasi dari BPOM.

Jadi, BPOM ini bisa dibilang sebagai standar produk yang bisa kita konsumsi atau gunakan. Ketika kita memilih sebuah produk, pastikan kita memberhatikan nomor BPOM yang tertera dalam kemasan. Kalaupun produk tersebut tidak memiliki nomor BPOM karena produk rumahan atau racikan dokter, maka pastikan kalau produk tersebut dibuat dengan cara yang baik dan perhatikan review dari orang-orang yang telah mengonsumsi atau menggunakannya. 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

RY 14 January 2019 - 21:25:16

Sex

0 Answer

Aditya Putra 14 January 2019 - 16:43:50

Untuk belajar sekar alit atau macapat pertama kali.. more..

0 Answer

delsinsarlin hotan 13 January 2019 - 19:24:39

LDR

0 Answer


ROTH GERENEMUS K A U 5 January 2019 - 15:20:01
Saya mohon bantuan doa ny, krna sy mengalami pergo... more..

chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Banner Mitra Week 2


7225

advertise with us