Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
535


Di Swedia, ada sebuah kebijakan tentang hak asasi anak-anak. Ketika kita mendisiplinkan anak dengan memukul pantat mereka, berarti kita telah melanggar hukum. Bahkan kalau kita mendisiplinkan anak dengan meminta mereka pergi ke kamar tidur, mematikan tv yang sedang ditonton, itu juga termasuk dalam kebijakan yang diatur dalam kebijakan tersebut.

Bahkan di Amerika, anak-anak diizinkan secara hukum untuk "menceraikan" atau memutuskan hubungan dengan orang tua mereka dan bisa memilih sendiri orang tua angkatnya yang tidak banyak mengatur mereka.

Kejadian 20:12, "Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu."

Firman Tuhan di atas sudah jelas mau kita menghormati orang tua kita. Lantas, bagaimana cara kita menghormati orang tua seperti yang dituliskan dalam Alkitab?

1.  Mengikuti perkataan mereka

Orang tua punya banyak pengalaman melebihi kita. Itulah kenapa mereka punya segudang nasihat buat kita sebagai anak-anaknya. Dengan mendengarkan setiap perkataan dan nasihat orang tua, artinya kita sesang menghormati mereka sebagai orang yang lebih tahu mana yang baik dan mana yang buruk bagi anak-anaknya.

Amsal 4:1-4, "Dengarkanlah, hai anak-anak, didikan seorang ayah,dan perhatikanlah supaya engkau beroleh pengertian, karena aku memberikan ilmu yang baik kepadamu; janganlah meninggalkan petunjukku. Karena ketika aku masih tinggal di rumah ayahku sebagai anak,lemah dan sebagai anak tunggal bagi ibuku, aku diajari ayahku, katanya kepadaku: “Biarlah hatimu memegang perkataanku; berpeganglah pada petunjuk-petunjukku, maka engkau akan hidup."

Setiap orang tua pasti menginginkan yamg terbaik bagi anaknya. Mereka ingin anak-anaknya sukses, bahagia, sehat dan menjadi pribadi yang memberkati banyak orang.

2. Menyenangkan hati orang tua

Menyenangkan orang tua tak selalu harus memberikan mereka rumah, kendaraan, kok. Cukuplah waktu yang kita habiskan bersama dengan mereka, mengikuti perkataan dan nasihat mereka pun sudah membuat mereka senang.

Ada banyak hal kecil lainnya yang kita anggap biasa saja, tetapi jadi sangat bermakna buat orang tua. Misalnya saat kita berkata kalau mereka bangga karena memiliki mereka sebagai orang tua kita. Amsal 15:20, “Anak yang bijak menggembirakan ayahnya, tetapi orang yang bebal menghina ibunya.”

Mulai sekarang, marilah kita lebih sering untuk berkomunikasi dan meluangkan waktu untuk menemani mereka. Pastikan kalau kita memerhatikan keperluan mereka meskipun mereka tidak meminta apa pun dari kita. Sebab apapun yang kita berikan kepada mereka, itu tidak akan lebih banyak daripada yang telah mereka telah berikan kepada kita sebagai anaknya.

Baca juga: Orang Tua Ingkar Janji, Kehidupanku Jadi Runyam! - Yudha

3. Tidak memperlakukan buruk orang tua

Ada banyak sekali berita tentang sikap anak yang menyimpang pada orang tuanya. Misalnya di Tiongkok, ada seorang anak yang menendang ayahnya dan memintanya untuk bunuh diri dengan berdiri di tengah-tengah perlintasan rel kereta api.

Di Indonesia, ada anak yang tega membakar rumah orang tuanya karena orang tuanya tersebut tidak menyediakan makanan untuknya di hari itu. Ada banyak cerita yang bikin hati kita menangis karena sikap anak yang sangat tidak patut.

Imamat 20:9, “Apabila ada seorang yang mengutuki ayahnya atau ibunya, pastilah ia dihukum mati; ia telah mengutuki ayahnya atau ibunya, maka darahnya tertimpa kepadanya sendiri.”

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menyenangkan hati orang tua kita. Misalnya dengan memelihara mereka di masa tuanya. Sebagai anak, kita perlu menyadari kalau orang tua kita telah bersusah payah untuk menghidupi anak-anaknya agar kelak kita sebagai anaknya bisa jadi lebih sukses. 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

P. Tampubolon 22 October 2018 - 03:30:16

Mi yak urapan

0 Answer

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7274

Konselor