Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
616


J. Kristiadi adalah seorang peneliti senior dari Center for Stategic and International Studies (CSIS). Dia sudah berkiprah sebagai peneliti dan pengamat selama kurang lebih 30 tahun. Kristiadi sangat akrab membahas topik penelitian seputar peran TNI, perkembangan politik serta pertahanan.

Menjadi salah satu pembicara di acara Imago Creative Conference  feat IMP (Indonesia Membangun Pemimpin) pada 6 Oktober 2018 kemarin, J. Kristiadi mengatakan bahwa syarat utama untuk menjadi seorang pemimpin adalah mampu memimpin dirinya sendiri. Misalnya bangun pagi-pagi, dan mengelola Jadwalnya dengan baik apa yang harus diprioritaskan dan apa yang tidak.

"Memimpin diri sendiri itu adalah orang yang sudah mampu untuk bisa memerintah dirinya sendiri, saya kalau pagi harus  bangun jam 5 pagi, ngantuk atau tidak saya harus bangun.? ?

Jika secara pribadi bisa disiplin, maka orang tersebut akan bisa menjadi pemimpin yang lebih baik dalam bermasyarakat.

"Orang yang bisa dalam situasi yang dilema tapi bisa memutuskan ini keputusan partai atau umum."

"Pemimpin sekarang adalah pemimpin yang dipilih rakyat, memang tidak semua dipilih oleh rakyat sebab tak semua berada di partai politik. Tapi pemimpin yang benar itu bukan pemimpin yang dealership, tapi leadership. Dan harus memiliki karakter Kristus dan mampu memimpin dunia," jelasnya.

Tapi memang pada faktanya meskipun pemimpin itu lahir karena dipilih dan diseleksi, yang terjadi justru sering sekali pemimpin yang dipilih itu tidak sempurna atau tidak benar dalam prosesnya.

Menurut J. Kristiadi, bahwa hal itu wajar. Pemimpin memang diseleksi tapi itu bisa saja  menghasilkan hal yang salah.

"Tuhan Yesus memilih 12 muridNya, tapi satu orang justru berhianat bukan? Jadi pemimpin itu harus berdaulat atas dirinya sendiri dan memerintah atas dirinya sendiri."

Yap, memang tidak ada pemimpin yang sempurna, itu sebabnya Kristiadi katakan bahwa kita harusnya memiliki karakter Yesus untuk bisa memimpin dengan benar.

"Memang tidak semua memiliki jiwa kepemiminan tapi kita semua adalah pemimpin. Sebab kita dipilih oleh Tuhan Yesus sendiri . Lalu apa tugas kita? Tugas kita adalah menyelamatkan dunia dari kumuh dan derita yang menjadikan dunia penuh dengan ketidakbahagiaan," sambungnya.

Beliau juga menjelaskan beberapa rute yang harus di miliki oleh seseorang untuk menjadi pemimpin yang Kristiani dan berkelas dunia, berikut rangkumannya

1. Orang Kristen harus peduli kepada sekitarnya

Kita harus mulai peduli terhadap sekitar kita, komunitas kita, teman-teman kita, RT dan RW kita.

Kita harus memiliki jiwa kepedulian yang dalam atas apa yang terjadi di sekitar kita.

2 Apa yang menjadi tugas kita

Dengan kita mengetahui tugas kita maka kita akan melakukan sesuatu atas hal itu dengan sungguh-suungguh dan berkorban.

Misalkan, jika kita adalah pemimpin yang ingin berkarakter seperti Yesus dan mengubahkan dunia baik itu seperti membenahi negara, dan lain sebagainya,maka kita harus bersedia sengsara dan mati di kayu salib; bisa menahan godaan kenikmatan daging dan duniawi seperti uang dll. Kita harus latihan untuk itu!

3. Dimana kita ingin melakukan peran itu

Setelah kita tahun bahwa tugas kita untuk mengubah dunia menjadi jauh lebih baik dan benar, maka kita harus memilih peran apa yang ingin kita miliki untuk negara kita ini. Misalnya, dosen, peduli bencana, pendeta, atau apa saja.

"Kalau kita ingin menggarami dunia maka kita harus peduli atas negara kita dan ikut cara Yesus," jelas J. Kristiadi

4. Kita harus benar-benar terpanggil dan masuk dalam wilayah tersebut dan menjalaninya dengan mulia dan kudus

Artinya kita masuk dalam peran tersebut tanpa embel-embel apapun yang menyukakan diri sendiri.Kita harus benar-benar kudus dan mulia bahwa kita menjalani peran itu karena Yesus menggerakkan dan memerintahkan kita melakukan sesuatu yang Ia kehendaki

5. Menemukan orang untuk dijadikan pemimpin

Jika kita menemukan orang untuk dijadikan pemimpin, maka kita akan berdiri menjadi pemimpin yang memberikan teladan.

Mulai dari hal kecil hingga besar.

Mulai dari cara kita bersikap di rumah, bagi anak-anak,  karyawan dan lain sebagainya kita dibutuhkan menjadi teladan agar bisa tercipta seorang pemimpin lagi.

"Orang yang berhasil pemimpin adalah orang yang harus bersiap kesepian dalam hidupnya dan mengikuti anak-anak didiknya dan memastikan mereka berhasil," tutupnya.

Nah, untuk menjadi pemimpin yang berkarakter Kristus dan berkelas dunia, itulah 5 hal yang harus kita ingat dan lakukan.

 

 

 

 

Sumber : Imago 2018 | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

P. Tampubolon 22 October 2018 - 03:30:16

Mi yak urapan

0 Answer

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7274

Konselor