Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
245


Pemahaman tentang keuangan merupakan salah satu keterampilan yang perlu kita miliki. Pada Mei lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memprediksi kalau tingkat literasi keuangan atau melek finansial masyarakat Indonesia mencapai angka 31% dari total penduduk. Angka ini terbilang naik kalau dibandingkan tahun 2016 lalu yang hanya mencapai 29,7%.

Sebelum kita bisa menjadikan rakyat sejahtera, mereka perlu dibekali dengan pemahaman keuangan sekaligus cara mengelolanya. Uang memang nggak pernah berada jauh dari kita. Mulai dari ibu rumah tangga sampai pengusaha, semua memerlukan keterampilan untuk mengelola keuangan ini.

Sayangnya, banyak orang yang memilih buat menunda belajar tentang hal ini, terutama generasi milenial yang saat ini masih merintis karirnya. Padahal, seharusnya pemahaman tentang keuangan sudah kita kantongi sejak sekolah dulu, lho.

Nah, inilah 3 alasan kenapa belajar tentang literasi keuangan itu penting banget, terutama buat kita yang baru merintis karir.

1. Menurunkan stres di tempat kerja

Banyak orang yang stres lantaran mengalami kegagalan saat merencanakan masa depan keuangan mereka. Banyak kok orang yang sebenarnya berpendapatan lebih dari kata cukup, tetapi harus hidup untuk menutupi tagihan-tagihannya.

Melek finansial membuat seseorang mengambil kembali kendali atas hidupnya. Misalnya, kalau biasanya kita sering was-was karena sering disodori tagihan-tahihan. Lewat pembelajaran ini, kita jadi lebih tahu tentang bagaimana mengelola uang dengan baik sesuai dengan pendapatan kita.

2. Meningkatkan produktivitas

Kalau kita melulu cemas dengan tagihan, mana bisa kita fokus pada kinerja pekerjaan, kan? Belajar tentang mengelola uang menjadi keterampilan penting yang bisa menghilangkan salah satu sumber stres di tempat kerja.

Pemahaman finansial membuat kita jadi lebih fokus pada pekerjaan yang sedang dikerjakan. Jadi, bukannya fokus pada kapan kita akan menerima gaji, kita justru jadi lebih berpikir soal bagaimana bisa bekerja dengan lebih baik lagi.

3. Membuat kita makin betah di kantor

Banyak orang mengaku tidak mendapatkan kesejahteraan dari tempat kerjanya karena jumlah gaji yang diterimanya. Pasti dong, kita selalu menginginkan pendapatan yang lebih baik semakin tahunnya. Hal ini nggak disalahkan kok. Hanya saja, kalau fokus kita hanya pada pendapatan, ada kemungkinan kita jadi menyampingkan panggilan kita.

Padahal, setiap orang kan punya panggilannya masing-masing. Semua itu nggak dinilai dari besarnya pendapatan yang mereka dapatkan. Literasi finansial membuat kita mengelola pendapatan dengan benar, sehingga kita bisa mengendalikan masa depan keuangan dengan baik.

Sekarang, saatnya balik lagi pada keputusan kita masing-masing, nih. Di era yang serba digital ini, kita dimudahkan untuk mengakses informasi, termasuk tentang bagaimana cara mengelola keuangan dengan benar. Kita harus bisa bijak dengan setiap keputusan yang akan kita ambil, termasuk dalam hal keuangan.

 

Sumber : inc/cnn

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

P. Tampubolon 22 October 2018 - 03:30:16

Mi yak urapan

0 Answer

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7274

advertise with us