Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
340


Melahirkan adalah salah satu ketakutan terbesar para wanita. Proses ini dianggap mengerikan karena rasa sakit yang dirasakan ibu hamil tak tertahankan. Meski begitu, hal ini dianggap wajar selama masa persalinan. Tapi bagaimanapun banyak ibu yang mengalami efek melahirkan baik secara priskologis maupun psikis.

Atas alasan inilah gentle birth hadir menjadi metode persalinan baru yang terbukti bisa mengurangi rasa sakit yang dialami ibu saat melahirkan secara normal. Metode ini dinilai sangat memperhatikan semua aspek tubuh sang ibu yang akan melahirkan secara holistik, yaitu baik dari proses biologis dan psikologisnya.

Ada tiga teknik gentle birth yang bisa dilakukan ibu, diantaranya :

1. Water Birth

Teknik water birth ini dijalankan oleh penyanyi Andien saat melahirkan anak pertamanya Kawa. Cara melahirkan ini dilakukan saat ibu sudah mencapai bukaan keenam. Lalu ibu harus masuk ke dalam kolam berisi air hangat. Selama menunggu proses selanjutnya, ibu bisa bergerak sesuai dengan posisi yang paling nyaman.

Penggunaan air hangat di sini berfungsi untuk membuat sang ibu merasa rileks, karena otot-otot pinggul sang ibu akan lebih elastis dan mengurangi rasa sakit dari kontraksi. Saat ibu merasa makin tenang dan fokus, maka saat itulah si bayi akan keluar dengan sendirinya. Saat bayi keluar, suami diharap bisa berjaga-jaga untuk segera menangkap bayi. Namun jika sang suami tak siap melakukan hal ini, ibu bisa meminta beberapa bidan pembantu untuk berjaga-jaga.

2. Silence Birth

Teknik silence birth ini berbeda dengan teknik pertama. Teknik yang dipelopori oleh Dokter Ron L Hubbard ini membuat ibu tak perlu membuang tenaga lewat teriakan seperti persalinan normal. Sebaliknya, ibu hanya perlu berada di dalam suasana dan lingkungan sekitar yang tenang dan damai.  Saat ibu semakin tenang, proses persalinan akan lebih mudah dilakukan. Ibu juga hanya perlu mengatur penarikan nafas dan penghembusan yang tepat selama mengejan bayi keluar.

3. Hypno birth

Inilah teknik melahirkan yang diterapkan oleh artis peran Sharena Gunawan saat melahirkan anak keduanya pada 22 September 2018 lalu. Istri dari Ryan Delon ini bahkan mengaku kalau teknik ini sangat menyenangkan dan membuat proses persalinan lebih cepat dilakukan.

Sama dengan teknik persalinan yang lain, ibu memerlukan beberapa tenaga medis selain suami untuk berjaga-jaga selama proses berlangsung. Namun selama masa kontraksi terjadi, ibu akan mencoba dihipnotis dan diminta untuk bermeditasi. Dengan begitu, rasa takut dan gugup menjelang persalinan akan perlahan hilang karena aktivitas ini diyakini bisa menstimulasi produksi hormon endorfin (hormon penghilang stres) di dalam tubuh. Saat ibu merasa tenang, maka proses keluarnya bayi akan lebih cepat.

Sherena sendiri bahkan hanya menghabiskan waktu selama 1.5 jam saja menjalani persalinan dengan teknik ini.

Meski gentle birth sudah mulai digandrungi masyarakat kita. Namun metode ini tetap memerlukan saran dan anjuran dari dokter. Untuk kasus kehamilan yang mengalami masalah tertentu, teknik ini sama sekali tidak disarankan. Untuk itu, perlu sekali bagi ibu memeriksakan kondisi kandungan selama proses kehamilan dan memilih metode melahirkan sesuai dengan kondisi kesehatan ibu dan bayi.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

0 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer

Roy Hendrawanto 4 December 2018 - 00:01:52

Solusi terbebas dari hutang kartu kredit

1 Answer


sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Banner Mitra Week 2


7227

Superyouth