Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
399


Sudahkah bisa kita menyebut pasangan sebagai seorang sahabat? Tinggal di rumah yang sama, menghabiskan waktu bersama belum tentu menjadikan kita seorang teman yang baik bagi pasangan. Dalam pernikahan, dibutuhkan lebih dari sekedar percakapan yang menyenangkan. Diperlukan sebuah kerja keras dan komitmen agar pernikahan bisa berjalan dengan baik.

Kali ini, Ir. Jarot Wijanarko yang telah menuliskan banyak buku seputar pernikahan akan membagikan 6 hal yang perlu kita lakukan untuk menjadi seorang sahabat yang baik.

1 Berbagi passion untuk pertumbuhan pribadi masing-masing

Pertumbuhan pribadi adalah tentang mengembangkan talenta, keterampilan, pengetahuan seseorang pada bidang tertentu. Contohnya, kita memastikan satu sama lain melakukan saat teduh setiap pagi. Lewat kebiasaan ini, nggak cuma hubungan dengan pasangan yang akan semakin dekat, melainkan juga hubungan kita sebagai pasangan dengan Tuhan.

2. Menjadi supporter yang baik  

Ada seorang motivator yang sering menjadi pembicara soal topik menjaga hubungan dengan pasangan, tapi kemudian bercerai. Hal ini lantaran istri yang selalu mengkritik pribadi dari motivator ini dan tidak banyak menghabiskan waktu bersama. Sebagai pasangan, kita harus bisa belajar menjadi seorang supporter yang baik, termasuk mensupport pekerjaan yang dilakukan oleh pasangan.

3. Belajar 3 kata ajaib

Meski terdengar sederhana, 3 kata ini punya efek ajaib. Kata-kata tersebut adalah: minta tolong, terima kasih dan minta maaf. Sering rasanya, karena sudah merasa dekat, kita jadi malas buat mengatakan ketiga hal ini.

Coba deh, siapa sih yang mau berteman dengan pribadi yang enggan meminta tolong? Kok rasanya orang tersebut kerjaannya suka menyuruh-nyuruh. Ucapan terima kasih yang kita lontarkan pada pasangan berarti kita menghargai setiap tindakan yang dilakukannya. Sementara orang yang tidak tahu cara meminta maaf, biasanya adalah mereka yang sombong.

Mulai sekarang, yuk bangun komunikasi yang baik dengan pasangan lewat tiga kata sederhana tapi sangat berarti ini.

Baca juga: Biar Istri Lengket Dan Kangen Terus, Yuk Pakai 4 Cara Jadikan Istri Mengagumi Kita Ini

4. Bermurah hati dalam kebaikan

Kebaikan menimbulkan rasa cinta antar pribadi. Kita pasti lebih memilih untuk berada ditengah-tengah orang yang baik, dibandingkan dengan mereka yang tidak bisa bersikap baik pada kita. Untuk bisa memiliki sikap ini, kita harus punya kesediaan untuk menolong pasangan.

5. Bermurah hati dalam memberi pujian

Khususnya bagi para suami, kita perlu tahu kalau telinga istri sangat suka saat diberi pujian-pujian. Pujian yang dilontarkan tidak perlu berlebihan, kok. Contoh saja ketika kita melihat istri yang tengah kelelahan setelah selesai masak. Ungkapan, “Terima kasih ya, makanan malam ini sangat enak sekali,” akan membuat istri menjadi sangat senang saat mendengarnya.

6. Berikan pengampunan

Dalam setiap pertemanan, pasti ada kesalahan di dalamnya. Kesalahan seringkali menjadi salah satu cara seseorang bersikap semakin dewasa. Untuk itu, kita harus bisa memberikan pengampunan pada pasangan saat dirinya melakukan kesalahan. Sebab tanpa pengampunan, apapun hubungan yang kita jalin, pasti akan terputus.

Jadi, siapkah kamu untuk menjadi seorang sahabat bagi pasanganmu? Meski terlihat sulit, cobalah untuk menerapkan 6 hal di atas dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, hubungan pernikahan kita akan menjadi lebih dekat dibandingkan sebelumnya.

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Sisca 23 October 2018 - 02:10:19

Utang usaha

0 Answer

Novi Aulia 22 October 2018 - 20:14:04

Tentang arti dan makna Seluruh kekayaan alam dan s.. more..

0 Answer

Cherish Anastasia 22 October 2018 - 10:22:06

Selamat pagi, perkenalkan nama saya Sia. Ada bebe.. more..

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7277

Konselor