Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
14920


Ibarat sebuah wadah, doa adalah sebuah tempat dimana kita mencurahkan isi hati kita. Kita menaikkan syukur atas kebaikan Tuhan, memohon ampun, meminta pertolongan, semuanya kita tuangkan dalam sebuah doa. Soal dijawab atau tidaknya sebuah doa, tentu murni adalah hak prerogatif Allah.

Kita lakukan saja bagian kita, yaitu berdoa, sisanya, kita berserah pada kehendakNya. Walaupun demikian, Alkitab memang secara eksplisit menjelaskan tentang beberapa hal yang sering menghalangi doa-doa kita sampai pada Tuhan. Di bawah ini adalah beberapa diantaranya.

1.  Dosa

Yesaya 59:1-2, "Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu."

Jelas, bukan? Satu-satunya yang menjadi penghalang buat kita dan Tuhan adalah sebuah tembok dosa yang sering kita bangun. Minta bimbingan Roh Kudus buat menyingkapkan setiap kesalahan-kesalahan yang kita buat. Setelahnya, kita harus mengaku dosa dan memohon ampun pada Tuhan.

2.  Niat jahat di dalam hati

Mazmur 66:18, "Seandainya ada niat jahat dalam hatiku, tentulah Tuhan tidak mau mendengar."

Coba deh sekarang, kita bertanya kembali dalam hati, apakah permohonan yang kita mau itu akan menyenangkan hati Tuhan? Kalau belum, mari kita tanya pada Tuhan, apakah perkenanan Tuhan dalam kehidupan kita ini, dan apakah saat ini kita sudah berada di jalan yang tepat terhadap kehendak Tuhan tersebut.

Baca juga: Sesuaikah Keputusanmu Dengan Perkenanan Tuhan, Pastikan Kamu Bisa Jawab 5 Hal Ini

3.  Hati yang bimbang

Yakobus 1:6, "Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin."

Jangankan Tuhan, kalau kita minta tolong sama orang lain, tapi kita juga meragukan orang tersebut, hasilnya pun tidak akan maksimal. Seperti itulah juga Tuhan. Sering rasanya rasa percaya kita dihalangi oleh pemikiran rasional. Tuhan itu selalu pengin yang terbaik buat kita. Seringkali rencanaNya nggak masuk akal buat kita.

4.  Bertujuan untuk memuaskan hawa nafsu

Yakobus 4:3, "Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu."

5.  Hubungan suami istri yang tidak harmonis

1 Petrus 3:7, "Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang."

6.  Enggan melepaskan pengampunan

Markus 11:25, "Tetapi jika kamu tidak mengampuni, maka Bapamu yang di sorga juga tidak akan mengampuni kesalahan-kesalahanmu."

7.  Abai terhadap permintaan tolong dari orang lain

Amsal 21:13, "Siapa menutup telinganya bagi jeritan orang lemah, tidak akan menerima jawaban, kalau ia sendiri berseru-seru."

Jadi, ketika kita merasa doa tidak kunjung dijawab, cobalah tilik kembali hati kita. Apakah ada kesalahan-kesalahan di atas yang masih ada di dalam hati kita? Kalau belum, yuk bangun kembali hubungan dengan Tuhan lewat firmanNya.  

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:31:06

Bisa dapat wanya terima kasih

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7272

advertise with us