Bahagia Anak Pertama Lahir, Tapi Bingung Harus Ngapain? Ini 5 Tips Cara Asuh Untuk Ayah!

Parenting / 20 September 2018

Kalangan Sendiri

Bahagia Anak Pertama Lahir, Tapi Bingung Harus Ngapain? Ini 5 Tips Cara Asuh Untuk Ayah!

Naomii Simbolon Official Writer
1738

Ketika kita menjadi seorang ayah untuk pertama sekali, hidup kita rasanya berubah secara signifikan. Benar bukan?

Semua perubahan itu sepertinya luar biasa sekali, tetapi jika kita mengandalkan bantuan Tuhan untuk menavigasi kita, maka kita akan mengalami sukacita yang Dia inginkan untuk kita sehingga kita bisa menyesuaikan diri dengan anak pertama kita.

Nah, inilah cara yang bisa kita lakukan ketika kita mengasuh anak pertama kita :

1. Pertimbangkan harapan kamu untuk si kecil

Sebagai orangtua tentu saja kita memiliki harapan untuk putra pertama kita bukan. Sebaiknya luangkan waktumu bersama sang istri dan beberapa orangtua yang kamu kagumi, diskusikan apa yang kamu harapkan sebagai orang tua, dan mengapa harus demikian.

Bicarakan tentang hubungan kamu dengan ayah kamu sendiri dan gimana pun hal itu akan mempengaruhi kamu dalam menjalankan peran kamu sebagai seorang ayah. Mintalah kepada Tuhan untuk membantu kamu mengidentifikasi harapan apa yang nggak realistis yang mungkin kamu miliki.

2. Hadapi dan tangani ketakutan kamu

Jujurlah kepada Tuhan mengenai ketakutan yang kamu miliki mengenai gimana menjadi seorang ayah. Setelah mengungkapkan ketakuan kamu dalam doa, mintalah kepada Tuhan untuk memberikan kamu iman yang kamu butuhkan untuk bisa bergerak dengan keyakinan dan kekuatan yang kamu butuhkan untuk berdiri menjadi ayah yang dibutuhkan oleh anak pertama kamu.

3. Berkomitmenlah untuk menjadi ayah yang aktif

Sadarilah betapa pentingnya bagi kamu untuk terlibat secara aktif dalam kehidupan anak kamu. Ketahuilah bahwa ada statistik mengkhawatirkan yang mengungkapkan gimana banyak anak-anak tumbuh tanpa ayah yang aktif dalam kehidupan mereka bisa berdampak buruk, hal ini supaya kamu tahu bagaimana pentingnya menjadi ayah yang aktif bagi mereka.

Anak-anak yang besar tanpa ayah yang aktif cederung terlibat dalam perilaku yang berbahaya, seperti mendapatkan nilai buruk di sekolah, menyalahgunakan alkohol atau obat-obatan, berhubungan seks sebelum menikah, melakukan kejahatan dan bahkan melakukan percobaan bunuh diri.

So, sebagai ayah, sebaiknya berkomitmenlah kepada Tuhan bahwa kamu akan melakukan apa pun untuk bisa menjadi ayah yang tetap aktif terlibat dalam kehidupan anak kamu saat ia tumbuh dewasa.

Ubahlah jadwal kamu dan jadikan anakmu menjadi prioritas. Anak kamu membutuhkanmu untuk hadir bersamanya selama mungkin dan berkembang bersama dengan cara yang sehat. Menghabiskan waktu bersama si anak adalah cara terbaik untuk menyampaikan cintamu kepada anak, karena waktu adalah yang paling diinginkan oleh mereka dari kamu.

4. Sesuaikan cara mengasuh kamu dengan anak kamu

Cara mengasuh setiap orangtua itu berbeda, nggak ada yang sama dan nggak semuanya cocok untuk semua anak.

So, kenalilah kepribadian anak kamu dengan baik, dan minta Tuhan untuk memberikan kamu kebijaksanaan yang kamu butuhkan untuk mengembangkan gaya pengasuhan yang sangat efektif untuk anak kamu secara khusus.

5. Ajari anak kamu gimana menjadi berhasil dari sudut padang Allah

Kesuksesan sejati bukanlah daftar prestasi seperti nilai yang bagus atau piala olahraga. Sukses di mata Tuhan itu adalah mengembangkan karakter dengan baik, memiliki rasa ingin tahu yang sehat dan juga akal sehat.

Jadi fokuslah untuk mengajar anak kamu mengenai sebuah kualitas, bahwa sangat penting bagi mereka untuk terus bertumbuh bersama Tuhan.

Menjadi ayah adalah keinginan semua suami atau pria yang sudah menikah, dan jika hari ini kamu dipercaya oleh Tuhan, maka mari lakukan 5 hal di atas dan didiklah anakmu dengan nasihat Tuhan. Jadilah Ayah yang terbaik dan penuh kasih buat mereka. 

Sumber : crosswalk | jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami