Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
558


Masih ingat dengan sebuah berita mengenai seekor orangutan yang mati karena ditembaki oleh warga sekitar? Rasanya sedih sekali melihat ada ciptaan Tuhan yang diperlakukan tidak sewajarnya. Meskipun orangutan hanyalah seekor hewan, Tuhan mau kita untuk menjaga kelestariannya.

Alkitab menegaskan kalau Allah telah memberikan bumi ini kepada manusia (Kejadian 1:28-30). Bumi ini harus dikelola dengan penuh kasih. Coba deh, kalau kita pikirkan lagi, binatang-binatang yang ada disekitar kita itu patut untuk dikagumi. Ayam yang berkokok setiap pagi, kicauan burung gereja, ikan-ikan koi yang menyejukkan mata di sebuah kolam, semuanya itu menjadikan lingkungan sekitar kita jadi lebih 'hidup'.

Untuk itu, agar tidak ada lagi orang yang memperlakukan hewan-hewan dengan tidak wajar, inilah 3 upaya yang bisa kita sebagai orang percaya lakukan.

1.  Beritakan kebenaranNya

Meskipun hewan sudah diciptakan oleh Tuhan di bumi sebelum Dia menciptakan manusia, hadir sebagai saksi pada kelahiran Kristus sebab Yesus lahir di kandang domba, dan juga akan ikut bersama-sama kita di surga nanti, sangat jarang rasanya kita diingatkan untuk menjaga hewan-hewan dengan cara yang wajar. Menjaga kelestarian alam itu adalah kebenaran firman Tuhan. Kita harus bisa menyampaikan hal ini pada orang yang ada di sekitar kita.

2. Mulai dari diri kita sendiri

Kalau ada hewan yang membahayakan manusia, kebanyakan kasus disebabkan karena perilaku manusia sendiri yang menyimpang. Contoh saja kasus pembunuhan orangutan di Kalimantan. Katanya, warga menembaki orangutan karena mereka mengusik perkebunan warga.

Kalau kita pikir kembali, orangutan nggak akan pergi ke pemukiman kalau mereka memiliki tempat tinggal yang layak. Kita bisa lihat betapa banyaknya hutan yang dibabat habis oleh manusia tanpa memperhatikan dampak yang akan ditimbulkan.

Tidak semua orang bisa berubah dengan mudah. Kita juga nggak bisa memberi garansi kalau seseorang akan berubah dengan cepat. Satu-satunya yang bisa kita ubah adalah diri kita sendiri. Untuk itu, mulai sekarang, kita harus bisa menunjukkan kepedulian kita pada hewan-hewan yang ada di sekitar.

Baca juga: Yakin Kamu Pendengar Yang Baik? Inilah 4 Tipe Pendengar Yang Buruk!

3. Ikut bergabung menjadi sukarelawan

Diluar sana, ada banyak organisasi yang bertujuan untuk menyelamatkan hewan dari tindakan yang tidak wajar akibat perlakuan manusia. Sebut saja Garda Satwa Indonesia yang menyediakan rumah bagi hewan peliharaan yang kerap dibuang, bahkan disakiti oleh manusia.

Kita juga bisa menjadi lebih peduli dengan hewan dengan menggunakan produk-produk kecantikan seperti shampoo atau kosmetik yang bebas animal testing. Animal testing merupakan percobaan terhadap satwa atau menggunakan satwa sebagai obyek penderita. Belakangan ini juga media sosial sedang marak menyuarakan kampanye peduli orangutan.

Mungkin kita nggak bisa ikut terjun langsung dalam kegiatan sosial tersebut, tapi dengan meningkatkan kesadaran orang-orang disekitar, secara nggak langsung juga kita ikut peduli terhadap kelestarian binatang-binatang tersebut.

"Langit itu langit kepunyaan TUHAN, dan bumi itu telah diberikanNya kepada anak-anak manusia," Mazmur 115:16

Sumber : redletterchristians

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:31:06

Bisa dapat wanya terima kasih

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7272

Konselor