Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
442


Ketika kamu melihat kata-kata "keluarga" dan "rumah" dalam sebuah judul buku, apa yang kamu pikirkan?

Yah, sebagai single saya berpikir perlu membacanya untuk mempersiapkan saya ketika menikah dan berkeluarga nanti. Mungkin bukunya bisa membantu saya ke depan bagaimana membangun hubungan dan komunikasi dengan pasangan saya dan mengajak anak saya makan sayur.

Baru-baru ini ada buku yang menarik mengenai keluarga yang kamu juga harus baca. Judulnya The Storm-Tossed Family: How the Cross Reshapes the Home, karya Russell Moore.

Buku ini benar-benar menjadi jawaban dan arahan yang sangat luar biasa dalam badai yang mungkin dialami oleh sebuah keluarga yang melibatkan salib Kristus.

Disepanjang buku ini, Russell menunjukkan kesejajaran yang konsisten antara keluarga dan salib.

Dimulai dari halaman (3) dia menulis: "Keluarga adalah sumber berkat yang memberi hidup tetapi juga teror yang menyiksa yang sering kali terjadi pada saat yang bersamaan. Demikian juga, ini berlaku untuk salib. Di kayu salib, kita melihat kutukan dosa yang mengerikan, penghakiman Allah dan berkat Allah dalam menyelamatkan kita."

1. Perspektif yang dibingkai oleh Salib

Jika kita ingin memahami keluarga, pernikahan seksualitas, pola asuh dan situasi traumatis keluarga dari perspektif Alkitab dan gimana salib menembus semua bidang ini maka cobalah untuk membaca buku ini. Buku ini membingkai ulang prespektif kita mengenai hal-hal seperti itu.

Dalam bab-bab yang membahas mengenai laki-laki, pernikahan, perempuan dan seksualitas, Moore memandang ke salib sebagai gambaran yang benar dari kata-kata seperti kelemahan, kejantanan, melayani, kepemimpinan dan penundukan diri. Salib membingkai ulang dan membentuk ulang perspektif kita, menjelaskan atau bahkan mendefinisikan kembali gimana kata-kata yang ada sehingga kita bisa memahaminya.

Ada sebuah contoh dalam buku ini ketika Moore menceritakan kisah seorang pria yang mencari nasihat tentang apa yang harus dilakukan dalam pernikahannya. Istrinya sakit demensia dan nggak lagi bisa mengenali pria itu sebagai suaminya. Jadi dia ingin tahu apakah dia berhak meninggalkannya dan  mengejar wanita lain. Sementara kebijaksanaan duniawi bisa saja mendorong pria itu mengambil keputusan ini karena memang istrinya secara mental telah tiada dan nggak akan terluka sama sekali oleh tindakannya, tapi dalam buku ini Moore berkata bahwa salib menawarkan perspektif yang berbeda.

"Yesus memiliki pengantin yang nggak mengenaliNya lagi. Dia lupa siapa   dirinya, dan menyangkali siapa Dia, tetapi Yesus tidak menceraikannya." (Hal 107)

Intinya: "Jalan salib berbeda," (Hal 196)

2. Paradoks yang konsisten dengan salib

Meskipun buku ini mencakup beberapa topik yang sangat serius, bukan berarti tanpa humor karena itulah hidup dalam sebuah keluarga, bukan?

Kadang yang membuat kita menangis juga bisa membuat kita tertawa, dan sebaliknya.

The Storm-Tossed Family adalah buku yang menyenangkan dan menarik sekali untuk dibaca.

Kamu mungkin akan mendapati dirimu tersenyum dan tersipu bahkan mencabik-cabik hatiku ketika membacanya karena memang Moore mendekskripsikan semuanya dalam bahasa yang sederhana dan dengan hal-hal yang nyata dalam kehidupan yang kadang dijalani secara konsisten dengan pesan salib.

Seperti bagaimana monogami dan kesetiaan nggak membatasi kebebasan seksual malah menjadi bahan bakarnya(hal 130).

Buku ini sama sekali nggak idealis, mengatur dan menekan, itu mungkin karena buku ini diambil dari kehidupan nyata dengan harapan yang nyata dan semua karena salib.

"Salib membuat semuanya jelas bahwa kejahatan itu nyata dan panggilan untuk penghakiman Allah itu nyata. Salib juga menjelaskan bahwa tidak satupun dari kita jangan diikat dengan apa yang telah terjadi kepada kita atau bahkan kadang lebih buruk dengan apa yang kita lakukan kepada orang lain." (Hal 242)

Mungkin dengan membaca sedikit kilasan mengenai buku Moore di atas, kamu bergegas ke toko buku dan membelinya. Semoga terinspirasi lewat buku ini ya!

 

Sumber : crosswalk | jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

egbert burton 14 July 2019 - 10:40:19

Berhalakah gambar Tuhan yang dipajang dalam Gereja

0 Answer

Budo RMB 13 July 2019 - 21:59:42

Berapa banyak uang yang perlu Anda keluarkan untuk.. more..

0 Answer

Irvan Ishak 13 July 2019 - 07:43:47

Welyar kauntu

0 Answer


Yu55 Ch4nnel 28 May 2019 - 16:51:25
Bertahun2 saya meninggalkan Tuhan Yesus,hanyut dng... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:04
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Banner Fun Run Juli week 3


7266

Banner Testify Juli week 3