3 Kesalahan yang Dilakukan Orangtua dan Akhirnya Buat Anak Pilih Jadi Ateis. Ini Listnya!
Sumber: nobullying.com

Parenting / 17 September 2018

Kalangan Sendiri

3 Kesalahan yang Dilakukan Orangtua dan Akhirnya Buat Anak Pilih Jadi Ateis. Ini Listnya!

Budhi Marpaung Official Writer
2445

Sebagai orangtua Kristen, adalah wajar jika kita berharap anak-anak kita pun akan mengikuti iman kita di kemudian hari. Namun, faktanya, apa yang jadi harapan atau cita-cita terkadang meleset. Bukannya memilih iman sebagai pengikut Kristus, mereka justru berlari jauh dari agama dan memilih menjadi ateis.

Kita berpikir bahwa kesalahannya 100% adalah di pihak sang anak. Akan tetapi, jika mau jujur, keputusan mereka tersebut juga ada andil oleh kita selaku ayah dan ibu.

Berikut ini adalah 3 (tiga) kesalahan yang dilakukan para orangtua Kristen yang justru membuat sang buah memilih menjadi ateis:

1. Tidak menjadi teladan di rumah


Apa yang dituliskan di Alkitab sesungguhnya bukan sekedar sebagai pengetahuan, tetapi juga harus dipraktikkan. Ketika ada ayat firman Tuhan yang berkata bahwa orang-orang percaya Kristus tidak boleh berbohong apapun kondisinya maka kita tanpa kompromi harus melakukannya.

Jadi jika dalam keseharian, apa yang kita lakukan jauh dari perintah dan larangan Tuhan, tidak perlu kaget anak kita akan menganggap lalu setiap ayat Alkitab yang disampaikan kepadanya.

2. Tidak menunjukkan kasih kepada sesama

Hal paling sederhana untuk membuktikan seseorang memiliki kasih adalah ia baik kepada setiap orang. Perkataan dan tindakannya tidak pernah menimbulkan sakit hati. Ia bahkan ramah kepada yang lain.

Kasih yang tidak ditampilkan akan membuat orang-orang termasuk anak kita kurang meyakini bahwa Tuhan itu benar adalah kasih.                                  

3. Berlaku otoriter

Sebagai orangtua, Tuhan telah memberikan otoritas untuk mendidik dan mengasuh anak. Namun, bukan berarti Tuhan mengarahkan kita agar berlaku otoriter.

Tidak mau memahami perasaan dan pikiran anak akan membuat kepercayaan sang anak kepada kita tergerus. Mereka memang mengikuti apa yang kita lakukan, tetapi di satu sisi lagi, ia menyimpan kepahitan. Ketika kepahitan sudah tumbuh dan berakar maka firman Tuhan pasti akan semakin sulit bertumbuh di dalam diri mereka.

Baca Juga: Ternyata Inilah Alasan Nick Vujicic Percaya Tuhan dan Tak Jadi Ateis!

Itulah tiga kesalahan para orangtua Kristen yang akhirnya membuat seorang anak tidak meyakini soal Tuhan. Berhenti melakukannya sekarang jika kita masih menunjukkannya di dalam rumah.

Jangan biarkan penyesalan datang karena kita tahu waktunya sudah terlambat yaitu anak kita telah memilih untuk tidak beriman kepada Tuhan dan hidup dengan kebenarannya sendiri. 

Sumber : Jawaban.Com
Halaman :
1

Ikuti Kami