Sering Dikangenin Bule, 6 Macam Buah Khas Indonesia Ini Baik Untuk Kesehatan!
Sumber: Fotolia.com

Health / 13 September 2018

Kalangan Sendiri

Sering Dikangenin Bule, 6 Macam Buah Khas Indonesia Ini Baik Untuk Kesehatan!

Inta Official Writer
2322

Semasa kuliah dulu, saat saya ditugasi untuk menemani beberapa tamu asal luar negeri, saya bertanya kepada salah satu orang asing, "Apa yang membuatmu betah di Indonesia?" Dia tersenyum, sepersekian menit kemudian menjawab, "Buah-buahannya. Disini banyak sekali buah-buahan yang enak dan manis. Semua ada rasanya. Di negara asal saya, sulit sekali menemukan buah-buahan yang punya beragam rasa seperti di Indonesia ini."

Sebagai warga negara Indonesia, saya langsung menyadari, betapa kaya negeri kita ini dengan buah-buahan yang nggak cuma segar dan sehat, tetapi juga punya rasa nikmat di lidah. Nah, berikut adalah beberapa buah lokal dengan beragam keuntungannya yang perlu kita konsumsi lebih sering agar tubuh makin bugar.

1.  Nanas

Buah yang tumbuh di daerah beriklim tropis ini tumbuh tidak mengenal musim. Mengandung vitamin C, B6, B1 serta folat, nanas berperan baik untuk sistem pencernaan kita. Nanas juga sangat baik untuk menangkal sakit akibat perut yang kembung dengan kandungan bromelain dan fiber. Meski demikian, ada baiknya kita mengonsumsinya dengan jumlah yang cukup. Sebab kalau berlebihan, kita akan merasa gatal di bagian bibir, lidah, atau pipi bagian dalam lainnya.

2.  Sawo

Lanjutan dari cerita di atas, kebanyakan orang asing menganggap sawo ini punya rasa mirip dengan karamel. Rasanya yang manis dan kaya akan karbohidrat, sawo juga mengandung vitamin A, B dan C. Kandungan potasium yang tinggi dalam sawo juga baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah.

3.  Kesemek

Kalau sudah dibersihkan, buah ini mirip-mirip dengan sawo. Bedanya, bagian terluar kesemek punya warna putih yang serupa dengan taburan bedak. Buah kesemek bermanfaat untuk menjadikan sistem pencernaan makin sehat dengan zat tanin yang terkandung di dalamnya. Dengan rasa yang manis dan kaya akan serat, buah ini sangat baik untuk dinikmati oleh penderita diabetes.

Baca juga: Penelitian Kemukakan Gereja Bisa Pulihkan Ibu Yang Mengalami Keguguran, Ini Caranya!

4.  Jeruk bali

Dikenal dengan bentuknya yang jumbo dan kulitnya yang tebal, jeruk bali punya khasiat untuk menurunkan kolesterol, mencegah anemia dan mengurangi risiko penyakit jantung. Bagian terluarnya, yaitu kulit jeruk bali juga biasanya digunakan untuk beragam kerajinan tangan. Nggak cuma kaya akan vitamin C, jeruk bali pun mengandung antibakteri dan antioksidan yang dapat menangani masalah pada lambung dan menyeimbangkan kadar asam di dalamnya.

5. Jambu biji

Kalau untuk dijus, jambu biji jadi salah satu kesukaan banyak orang. Jambu biji punya kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, ditambah dengan kandungan lycopene yang bermanfaat sebagai zat anti-inflamasi dan mencegah pertumbuhan tumor.

6. Salak

Baik itu salak pondoh, salak madu, atau salak condet, salak mengandung potasium yang dapat menjaga kesehatan jantung, terutama buat kita yang rajin mengonsumsi kopi, sekaligus meningkatkan ingatan otak. Buah yang punya sisik mirip ular ini mengandung karbohidrat yang dapat menjaga stamina tubuh kita.

Jadi, mana nih buah lokal yang paling kamu sukai?

Sumber : berbagai sumber/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami