Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
509


Kanker ovarium adalah salah satu silent killer yang paling lazim dialami para kaum perempuan. Meski mematikan, penyakit ini bisa terjadi tanpa peringatan lebih dulu, bukan seperti gejala penyakit kanker payudara atau kanker lainnya. Itu sebabnya kanker ovarium ini disebut dengan penyakit yang diam-diam mematikan.

Meski begitu, setidaknya ada beberapa gejala umum yang bisa dirasakan saat penyakit ini muncul, terutama adanya perubahan pola makan dari si penderita.

Shannon Westin, seorang profesor di departemen Onkologi Ginekologi dan kedokteran reproduksi di MD Anderson Cancer Center mengatakan bahwa saat gejala penyakit ini semakin lama terdeteksi maka kondisi penyakit bisa semakin parah. “Mengabaikan tanda-tanda kanker ovarium memungkinkan penyakit berkembang, sehingga lebih sulit diobati ketika terdeteksi,” kata Shannon.

Menurut American Cancer Society (ACS), kanker ovarium adalah penyebab kematian terbesar kelima yang dialami perempuan dibandingkan dengan kanker lainnya.

Karena itu, sebelum terlambat ada baiknya mendeteksi gejalanya dengan 7 tanda-tanda ini.

1. Mengalami nyeri di bagian perut dan panggul yang terus menerus

Rasa sakit yang terus menerus bisa jadi indikasi dari penyebaran kanker ovarium.

“Saat kami mengoperasi pasien kanker ovarium, mayoritas dari kondisinya sudah mengalami metastasis (mengalami penyebaran kanker ke area atau organ tubuh yang lain),” kata Mitchel Hoffman, M.D, seorang ahli Onkologi Ginekologi di Pusat Kanker Moffitt.

Ia menyebutkan bahwa gejala semacam ini bisa ditandai dengan penyebaran tumor di bagian panggul, bagian atas perut, usus dan jalur diafragma. Kanker ovarium juga bisa menyebabkan pembentukan cairan di perut yang disebut dengan ascites dan hal ini bisa menyebabkan nyeri.

2. Nafsu makan menurun dan disertai mual setelah makan

Kanker ovarium yang sudah menyebar usus bisa menyebabkan terganggunya fungsi usus itu sendiri. Saat hal ini terjadi, maka penderita biasanya akan mengalami mual. Tak hanya itu, gejala lain bisa juga disertai dengan perasaan kenyang lebih cepat dari biasanya atau menurunnya nafsu makan.

Saat hal ini terjadi, itu artinya bahwa kemungkinan lambung tak lagi memiliki ruang yang lebih besar untuk menampung makanan karena lambung sudah ditumbuhi tumor atau juga cairan mematikan akibat tumor.

3. Suka mengalami kembung dan sembelit

Gejala kanker ovarium bisa juga ditandai dengan sering mengalami kembung karena gangguan fungsi usus. “Supaya usus berfungsi normal, usus harus memiliki fungsi otot untuk mendorongnya bekerja dengan baik,” kata Hoffman.

Hal ini terjadi karena kanker sudah tumbuh di permukaan luar usus.

Jadi rasa kembung ini akan terus terjadi sekalipun kita mulai mengubah pola makan dan olahraga yang rutin.

Baca Juga : Hubungan Kanker Ovarium Dan Menstruasi

4. Sering kencing

Kebiasaan kencing yang terlalu sering bisa jadi indikasi dari gejala kanker ovarium. Kebiasaan ini bisa muncul dari tumor ovarium yang berkembang di bagian panggul.

“Saat seorang wanita mulai mengalami tumor di bagian panggul, maka tumor akan mendorong kandung kemih untuk mengeluarkan air seni lebih sering,” katanya.

5. Periode menstruasi tidak teratur

Kondisi ini dianggap sangat serius karena secara pasti ada tumor yang sedag tumbuh di bagian induk telur. Saat hal ini terjadi, maka periode menstruasi pun akan terganggu. Bukan hanya satu dua kali, tapi sirklus ini bisa terjadi berulang kali. Berhati-hatilah jika mengalami hal ini. Jika hal ini terjadi, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

6. Mengalami rasa sakit saat berhubungan intim

Khusus bagi pasangan menikah, sangat penting memperhatikan kondisi kesehatan lewat hubungan intim. Jika memang kamu pernah mengalami rasa sakit saat berhubungan intim, bisa jadi hal itu disebabkan oleh kanker ovarium.

Hal lain yang bisa menyebabkan rasa sakit itu karena perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh menyebabkan kekeringan di bagian vagina dan bisa menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit saat berhubungan intim.

7. Kerap mengalami kram perut yang begitu hebat

Kanker ovarium juga bisa dideteksi lewat kondisi perut. Biasanya tumor yang tumbuh di bagian ovarium bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. “Kemudian hal-hal ini mendorong perut dan mendorong refluks ke esofagus. Semuanya berjalan ke arah yang salah,” ucap Shannon Westin.

Meski begitu kebanyakan dari penderita kanker ovarium banyak dialami oleh wanita yang sudah berusia matang. Tapi, bagi kamu yang mengalami salah satu gejala di atas belakangan ini perlu sekali untuk segera memeriksakan diri ke dokter ahli kandungan. Dan pastikan pula supaya hal ini tak terjadi dengan mulai mengubah pola makan, pola hidup dan juga rajinlah berolahraga.

Sumber : Womenshealthmag.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7221

advertise with us