Jangan Sepele! Konsumsi Suplemen Probiotik Itu Penting Loh Buat Kesehatan

Jangan Sepele! Konsumsi Suplemen Probiotik Itu Penting Loh Buat Kesehatan

Lori Official Writer
1137

Istilah probiotik sangat identik dalam medis. Probiotik adalah jenis bakteri sehat yang sangat penting bagi kesehatan. Keseimbangan bakteri yang tepat sangat penting untuk menjaga kondisi usus agar tetap sehat. Saat sistem pencernaan bekerja dengan baik, maka tubuh akan sulit terkena penyakit. Karena itulah asupan makanan yang kaya probiotik menjadi sangat penting.

Priobiotik merupakan jenis mikroorganisme hidup dan bisa didapatkan dari makanan-makanan yang difermentasi seperti kimchi, yoghurt, kefir, sauerkraut, dan tempe. Tapi karena makanan yang difermentasi terbilang tak terlalu banyak dijumpai, alternatif lain untuk bisa memenuhinya adalah dengan mengkonsumsi dalam bentuk suplemen probiotik.

Adapun beberapa manfaat mengkonsumsi probiotik adalah :

1. Mampu mencegah penyakit yang menyerang sistem metabolisme

Salah satu alasan bagi kita untuk selalu menjaga keseimbangan alami bakteri usus adalah untuk mencegah masalah dalam sistem pencernaan dan usus besar. Penyakit seperti alergi dan obesitas juga bisa jadi akibat buruk dari ketidakseimbangan bakteri baik dalam usus.

2. Mampu sembuhan diare

Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan, probiotik juga bermanfaat untuk menyembuhkan diare loh. Mengkonsumsi bakteri baik ini secara teratur bisa membantu mengurangi rasa sakit pada usus.

3. Mampu meningkatkan kesehatan mental

Studi menunjukkan bahwa kesehatan usus secara langsung berkaitan dengan kondisi mental seseorang. Semakin sehat usus semakin baik pula kondisi mental seseorang.

Sebuah penelitian menemukan bahwa asupan suplemen probiotik membantu memperbaiki gangguan mental. Masalah seperti kecemasan, stres, autisme, depresi, hilang ingatan, gangguan obsesif-kompulsif (OCD) bisa diatasi dengan mengkonsumsi suplemen probiotik.

4. Menjaga kesehatan jantung

Ada jenis probiotik yang berkontribusi menjaga kesehatan jantung. Studi mengungkapkan bahwa dosis probiotik yang tepat bisa membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Setelah mengkonsumsi probiotik, tingkat kolesterol akan turun saat saluran empedu pecah.

5. Menyembuhkan alergi dan infeksi

Bayi sangat rentan terhadap berbagai jenis alergi dan infeksi. Karena itu orangtua juga bisa memberi bayi asupan makanan yang kaya probiotik seperti susu probiotik khusus untuk mencegah alergi susu pada bayi.

6. Membantu menurunkan berat badan

Meskipun manfaat ini masih dalam penelitian, para ilmuwan mengklaim kalau asupan suplemen probiotik secara tidak langsung bisa mengurangi berat badan dan penimbunan lemak di bagian perut. Probitik berfungsi mencegah penyerapan lemak di dalam usus dan menjaga metabolisme tetap utuh. Terlepas dari hal ini, mengkonsumsi probiotik dalam jumlah tertentu bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Nah, apakah kamu salah satu yang gemar mengkonsumsi makanan yang difermentasikan? Manfaatnya yang sangat penting bagi kesehatan tentu saja mendorong kita untuk terus mengkonsumsinya dengan teratur bukan?

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami