Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
398


Pada sebuah kesempatan, saya bersama 4 teman menghabiskan sore dengan berbincang mengenai industri 4.0 yang sedang kita alami ini. Kalau mau bertahan di sini, kita perlu mengikuti perkembangan teknologi.

Coba kita lihat lebih dekat, lewat teknologi, Mark Zuckerberg cukup butuh waktu kurang dari 10 tahun untuk mendirikan facebook menjadi salah satu perusahaan raksasa. Bandingkan dengan Warren Buffet yang membutuhkan waktu 30 tahun lamanya untuk bisa menjadi seorang yang banyak dikenal seperti sekarang ini.

Begitu juga dalam dunia profesional, saat kita mulai bekerja, teknologi mengubah beragam kebiasaan dan prosedur pekerjaan kita. Kalau dulu kita perlu mengirim lamaran pekerjaan lewat kantor pos, kemudian bersalaman dengan pihak HRD untuk wawancara bekerja, kini cukup lewat salah satu aplikasi pencarian pekerjaan, kemudian wawancara pun bisa dilakukan jarak jauh lewat kemudahan yang ditawarkan oleh video call.

Etika dalam menjalin hubungan profesional lewat internet

Dibalik kesempatan yang membentang, hadir risiko yang mungkin terjadi. Hal ini lantas memberi kita pengertian bahwa kebiasaan untuk menjalin sebuah hubungan profesional dengan rekan kerja, perusahaan, atau orang lainnya perlu kita jaga, sekalipun itu melalui perantara internet.

Misalnya, kita perlu menjaga etika dalam mengirimkan surel alias surat elektronik. Kita juga perlu membangun sebuah gambaran atas diri sendiri yang baik lewat platform yang akan kita gunakan untuk hal ini. LinkedIn, sebuah jejaring sosial yang biasa digunakan dalam kehidupan profesional seperti tempat menaruh portofolio, mencari kerja, sampai mencari pelanggan.

Pada tahun 2017 lalu, setidaknya adalah 500 juta pengguna yang menggunakan aplikasi ini. Tujuannya adalah untuk membangun sebuah gambaran atas diri sendiri, sehingga banyak orang yang bisa mengenal kita dari segi profesional, tidak hanya sekedar hubungan yang pribadi.

Berikut ini adalah 3 cara untuk membangun sebuah hubungan di dunia profesional yang baik dengan memanfaatkan LinkedIn.

1. Bangunlah Personal brand yang baik

Lewat teknologi, kita bisa dengan mudah terhubung dengan siapapun, dan di belahan dunia manapun. Menjalin hubungan yang baik bisa memperluas peluang pekerjaan kita. Buatlah sebuah profil yang mencangkup siapa kita dengan jelas.

Anggap saja kita ini adalah sebuah brand atau merek yang perlu dijual. Tuliskan segala hal keuntungan yang akan orang lain dapatkan kalau terhubung dengan kita. Penting juga buat kita untuk mempertahankan keaslian siapa kita. Jadi, pastikan kita jujur saat menuliskan siapa kita pada sebuah media sosial seperti LinkedIn, ya.

2. Mulai hubungan dengan baik

Tujuan kita membuat akun sosial dalam dunia profesional adalah untuk memperluas kesempatan kita. Jadi, pastikan untuk memulainya dengan baik. Jadilah pribadi yang transparan tapi tidak terlihat terburu-buru. Kita boleh saja menyatakan maksud dan tujuan saat mengubungi seseorang, tapi gunakanlah cara yang sopan dan sederhana.

3. Bagikan konten yang bermanfaat

Salah satu keuntungan platform LinkedIn adalah, tidak hanya membangun sebuah hubungan secara profesional, kita juga punya audience. Gunakan kesempatan ini untuk membagikan konten-konten yang positif. Ingatlah kalau kita ini adalah sebuah brand, jadi pastikan kalau konten yang kita bagikan relevan dengan brand yang kita bangun.

Meskipun tidak bertatap muka dengan langsung, menjalin hubungan lewat internet juga punya etika. Semoga kita-kita di atas membantu kita untuk membangun sebuah gambaran siapa kita secara profesional yang baik, ya.

 

Sumber : themuse

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:04:20

Gembala yang baik

0 Answer

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:02:13

Perceraian

0 Answer

Usui_ Takumi 17 January 2019 - 10:23:18

Di bayar utang pada pelanggan rp.200000 pengaruh t.. more..

0 Answer


ROTH GERENEMUS K A U 5 January 2019 - 15:20:01
Saya mohon bantuan doa ny, krna sy mengalami pergo... more..

chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Banner Mitra Week  3


7223

advertise with us