Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
223


Semua orang pernah merasa sepi dan sendirian, nggak cuma kamu yang single belum menikah, bahkan orangtua yang sudah memiliki anakpun bisa merasakan hal demikian.

Biasanya pas anak baru-baru lahir, orangtua akan sangat gembira, apalagi ibu yang ingin menghabiskan semua waktunya untuk si bayi, dengan kata lain tak lagi bekerja.

Meskipun ini adalah masa dimana kita harus mengalami pengetatan keuangan karena cuma suami yang bekerja, tapi biasanya ibu sangat menginginkan kehadirannya selalu ada untuk sang bayi, apalagi anak pertama.

Nah, hanya memang di dalam prosesnya, sering sekali justru kita merasa sepi dan sendiri. Pasti!

Meskipun sangat bersyukur bisa terus bersama si kecil, namun ada rasa rindu untuk bekerja, rindu untuk bicara dengan teman-teman seperti sebelumnya, bahkan rindu untuk pergi perawatan ke salon. Sehingga kadang kala hal ini berakhir pada depresi.

Bahkan ada banyak dari kita mulai bertanya dan menyalahkan diri sendiri "Tuhan, ada dengan saya dan hati saya? Saya mencintai anak saya tetapi kenapa saya merasa masih ingin hal lain?"

Seperti dilema bukan? Seharusnya jika kita merasa sudah bertumbuh secara fisik dan menjadi orangtua, bukankah sebaiknya kita harus bertumbuh juga secara rohani, mental dan emosional?

Jadi kita harus benar-benar belajar gimana menempatkan diri kita agar  Tuhan bisa menumbuhkan kita dengan cara yang Ia inginkan.

Saya tahu itu tidak mudah, berikut ada beberapa peluang pertumbuhan yang bisa kamu terapkan untuk memastikan  bahwa kamu bisa bertumbuh dan benar-benar menjadi seorang ibu yang jauh lebih baik.

1. Prioritaskan hubungan kamu dengan Tuhan

Saya yakin bahwa kamu pernah mendengar atau mengatakan soal prioritas utama setelah jadi orangtua adalah anak. Namun jika kamu tak menjadikan Tuhan sebagai prioritas dalam statusmu sebagai orangtua bahkan dalam pernikahan, percayalah bahwa kamu nggak akan bisa menjadi orang yang waras dalam menghadapi semua hal dalam rumahtangga kamu.

Mungkin beberapa dari kamu akan memiliki beribu alasan, misalnya anak tak bisa tidur sehingga tidak ada waktu, kamu menghabiskan semua waktu dari pagi, siang dan malam untuk anak dan membereskan rumah.

Menurut saya, untuk Tuhan itu bukanlah sebuah alasan yang tepat dan tidak seharusnya.

Kamu masih bisa berdoa, ketika anak tidur, sisihkan waktumu untuk berdoa.

Ketika kamu berada dalam situasi yang sulit, kamu bisa membaca Alkitab sambil menggoyang-goyang bayimu agar tidur atau juga menyanyikan Pujian kepada Tuhan sambil menidurkan anak.

Bahkan dengan cara demikian, anak-anak akan belajar bahwa cinta akan Tuhan adalah bagian terpenting dari hidup kamu.

Dan ketika hubungan kamu dengan Tuhan semakin dalam, maka kecintaan kamu kepada anak-anak juga semakin dalam dan ada kebijaksanaan dalam dirimu dalam mendidik anak.

Matius 6:33 : "Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu."

2. Bergabunglah dengan komunitas yang mendukung

Ya, kamu bisa bergabung dengan kelompok ibu dan anak, di kompleks kamu atau melalui departemen layanan masyarakat dimana kamu tinggal.

Atau, temukan para ibu lain di gereja dan atur waktu bermain bersama untuk anak-anak kamu atau bertukar untuk penitipan bayi gratis sementara kamu bisa melakukan perawatan dan belanja sehari, lalu kalian bisa bergantian.

Dengan memiliki komunitas ibu seperti ini, kamu juga bisa bertumbuh bersama dan sharing bersama mengenai masalah bayi atau orangtua dan lain sebagainya.

3. Pujilah Tuhan dalam situasi kesepian kamu ini

1 Tesalonika 5:18: "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu."

Nggak ada satupun yang bisa membuat kita bertumbuh dan penuh damai sejahtera selain mengucap syukur kepada Allah dengan segala keadaan kamu saat ini. Hati yang penuh dengan ucapan syukur akan menarik kamu lebih dekat ke hati Tuhan.

Kalau sudah nggak ada solusi lain, mari bersyukurlah kepadaNya setiap hari untuk keadaan kamu, pertumbuhan anak kamu, hidup kamu dan ini akan membuatmu damai sejahtera dan menghibur hatimu.

Nah, itulah 3 hal yang bisa kamu lakukan ketika mengalami kesendirian dan kesepian bahkan ketika kebingungan menghampirimu dalam proses menjadi orangtua ini. Terus semangat dan besarkan anakmu dengan sukacita dan penuh kasih ya!

Sumber : crosswalk | jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Jessica Jess 24 September 2018 - 21:28:55

Tulis kan ciri ciri anak allah

1 Answer

Bandit_57 Bandit 24 September 2018 - 14:41:02

5 contoh mensyukuri hidup sebagai pelajar

0 Answer

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

1 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us