Terduga Teroris  Tusuk 2 Warga AS  di Amsterdam, Belanda. Lomba Karikatur Diduga Pemicunya
Sumber: AFP

Internasional / 3 September 2018

Kalangan Sendiri

Terduga Teroris Tusuk 2 Warga AS di Amsterdam, Belanda. Lomba Karikatur Diduga Pemicunya

Puji Astuti Official Writer
2214

Kepanikan terjadi saat seorang pria usia 19 tahun melakukan penusukan dengan sebuah pisau besar di stasiun bawah tanah Amsterdam, Belanda pada Jumat (31/8/2018) yang melukai dua orang turis kewarganegaraan Amerika Serikat. Pelaku ditembak dan dilumpuhkan oleh Polisi.

Polisi menyatakan bahwa pelaku penusukan adalah pria keturunan Afganistan dengan ijin tinggal di Jerman. Pelaku kini berada di rumah sakit untuk menjalani perawatan karena luka tembak, namun pada Senin (3/9/2018) waktu setempat akan menjalani proses  pengadilan.              

Pemerintah Belanda menghubungi Jerman untuk melakukan pemeriksaan dan penyitaan barang bukti di rumah pelaku.

“Diantara barang-barangnya, beberapa penyimpanan data telah disita dan sedang dalam penyelidikan,” demikian keterangan kepolisian Belanda yang dikutip oleh AFP.

Serangan tersebut dilakukan secara acak, namun tak sengaja mengenai target warga negara Amerika.

Baca juga :

Pengakuan Pembunuh Kartunis Nabi Muhammad

Penulis Kristen Yordania Dibunuh Karena Share Karikatur

Juru bicara kepolisian Amsterdam Frans Zuiderhoek menyatakan bahwa, “secara serius ada motif terorisme” dibalik serangan tersebut.

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte menyebut serangan itu sebagai “tindakan pengecut” dan meminta warganya untuk “terus waspada.”

Serangan teror ini terjadi hanya satu hari setelah pengumuman dari politisi anti-Islam Geert Wilders yang membatalkan lomba membuat karikatur Nabi Muhammad. Rencana lomba tersebut menuai kecaman dan kemarahan dari banyak orang Muslim.

Sumber : AFP
Halaman :
1

Ikuti Kami