Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
352


Sebagai makhluk sosial, manusia memang perlu sebuah komunitas. Terlebih buat kita orang percaya, sebuah komunitas rohani yang membangun sangatlah penting untuk kita. Setiap kita membutuhkan dukungan untuk bertumbuh, baik secara rohani maupun jasmani.

Kita tidak bisa bertumbuh sendiri, seperti Pengkhotbah 4:9-10, "Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka. Karena kalau mereka jatuh, yang seorang mengangkat temannya, tetapi wai orang yang jatuh, yang tidak mempunyai orang lain untuk mengangkatnya!"

Biar kita nggak bertumbuh dalam komunitas yang salah, yuk simak beberapa langkah berikut saat kita hendak membangun sebuah komunitas sendiri.

1. Miliki tujuan yang jelas tentang komunitas yang kita mau

Coba tanyakan kepada diri sendiri, apa sih tujuan utama kita masuk ke dalam komunitas ini? Bisa saja karena kita membutuhkan mereka yang bisa mendukung kita dalam segi rohani, profesional, atau hal yang lainnya. Keinginan kita yang jujur ini merupakan langkah awal untuk mencari komunitas yang paling tepat. Lewat tujuan yang jelas, kita bisa merencanakan setiap detailnya kemudian.

2. Cari tahu seperti apa yang kita inginkan untuk berada di komunitas tersebut

Siapakah yang kita inginkan bisa berada dalam komunitas ini? Seperti apa orang yang kita cari untuk komunitas yang kita bangun ini? Sebuah komunitas bisa berkembang saat ada orang yang punya kesamaan tujuan, nilai, padangan, masalah, atau bisa juga sebuah ketakutan yang sama.

3. Logistik

Bagi sebagian orang, mereka lebih memilih untuk berkumpul di akhir pekan. Sebuah lingkungan yang kondusif juga akan sangat membantu kita menciptakan sebuah kedekatan antar anggota komunitas. Kita harus bisa menyediakan sebuah wadah yang nyaman untuk seluruh anggota komunitas. Buatlah sebuah forum pertanyaan untuk mendapat insight soal komunitas seperti apa yang diinginkan oleh anggota yang lainnya.

4. Pakailah cara yang kreatif untuk menjangkau anggota komunitas

Kini, waktunya kita mencari cara untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain. Era digital ini menawarkan banyak kemudahan. Ada banyak komunitas di luar sana yang menggunakan Instagram atau Facebook sebagai media mereka berkomunikasi.

Survey bisa menjadi salah satu cara yang paling baik untuk memulai sebuah komunitas. Amati komunitas-komunitas terdahulu yang sudah pernah ada, kemudian tiru cara mereka, terakhir, modifikasi atau berikan inovasi atau perbedaan antara komunitas yang lama dengan yang baru.

5. Buat sebuah panduan untuk menciptakan komunikasi yang efektif

Ingatlah kalau komunitas bukanlah selalu tentang kita. Pendapat atau pengalaman kita tidak selalu menjadi hal penting saat kita memutuskan untuk membangun sebuah komunitas. Sebagai pemimpin, kita harus punya tanggung jawab kepada anggota agar bisa terbuka pada kita. Kita bisa membuka sebuah ruang diskusi antar anggota guna mendapatkan sebuah komunikasi yang nyaman antar anggota.

6. Komunitas yang baik terjadi karena ada pribadi yang menaruh hati pada komunitas tersebut

Membangun sebuah komunitas harus didasarkan kejujuran antar anggota dan kita sebagai pendirinya. Misalnya saat kita mendirikan sebuah komunitas rohani, ingatlah kalau komunitas ini bukanlah untuk memperoleh keuntungan atau keinginan pribadi lainnya, melainkan untuk Tuhan dan kasih. Dedikasi yang kita berikan untuk komunitas ini bisa mendorong seluruh anggota komunitas mencapai tujuan dengan sukses.

Menciptakan sebuah komunitas bisa menjadi jalan untuk sebuah persahabatan baru, untuk menemukan lebih banyak kesempatan, mengurangi rasa takut, sekaligus untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Sumber : mindandbodygreen

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Jessica Jess 24 September 2018 - 21:28:55

Tulis kan ciri ciri anak allah

1 Answer

Bandit_57 Bandit 24 September 2018 - 14:41:02

5 contoh mensyukuri hidup sebagai pelajar

0 Answer

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

1 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us