Biar Kerja Makin Menyenangkan, Yuk Usir Stres Lewat 8 Cara Ini (Part 2)
Sumber: https://psmarketingimages.s3.amazonaws.c

Finance / 31 August 2018

Kalangan Sendiri

Biar Kerja Makin Menyenangkan, Yuk Usir Stres Lewat 8 Cara Ini (Part 2)

Inta Official Writer
2008

Pada artikel ini, kita sudah membahas mengenai 4 cara yang efektif untuk mengelola stres saat bekerja. Yuk simak 4 hal lainnya di bawah ini.

5. Mengusahakan berolahraga setiap hari

Salah satu cara terbaik untuk mengelola stres adalah dengan cara berolahraga. Selain sehat secara fisik, kebiasaan ini bisa membuat mental kita berada dalam kondisi yang lebih stabil dan mengurangi stres. Tidak perlu memilih olahraga yang berat. Cukup beberapa menit, yang penting dilakukan secara teratur dan komitmen.

6. Terbuka pada orang lain dan biasakan untuk mengekspresikan perasaan kita

Ketika kita merasa ada masalah, biasakan untuk mencari bantuan. Pastikan kalau Tuhan yang menjadi tujuan pertama untuk mengadu. Setelahnya, kita bisa bicara pada orang-orang yang kita percaya seperti kakak rohani, rekan kantor, atau keluarga mengenai apa pendapat kita mengenai permasalahan ini.

Walaupun nantinya kita tidak akan mendapatkan nasihat atau jalan keluarnya, setidaknya kita jadi lebih lega kalau sudah membuka diri untuk bercerita pada orang lain. Terkadang, hal yang paling kita butuhkan adalah sebuah tempat untuk bercerita, bukan menemukan solusi. Saat kita sudah lebih baik, maka pikiran jadi semakin jernih untuk mencari jalan keluar dari permasalahannya.

7. Selalu tetapkan ekspektasi yang rasional dalam keseharian kita

Sebagai seorang profesional, sibuk bukanlah sesuatu yang bisa kita hindari. Namun, seringkali kita sibuk karena sesuatu yang tidak bisa kita atasi. Hal ini dapat membuat diri sendiri merasa tidak nyaman dan merasa stres.

Selektif pada tugas kantor adalah salah satu cara keluar dari stres ini. Kalau tubuh merasa cukup, maka kita tidak bisa memaksakannya. Tidak hanya membuat pekerjaan tidak maksimal, memaksakan diri dapat membuat kualitas kesehatan fisik kita juga menurun.

Selain itu, penting juga buat kita untuk bijak dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan uang. Cicilan kartu kredit, mobil atau rumah juga sering menjadi sumber stres yang kita alami. Menjadi realistis pada keadaan dan kondisi keuangan dapat menjadi strategi penting untuk mengelola stres.

8. Selesaikan masalah sebelum menjadi besar

Wajar kok kalau kita cenderung ingin menghindari topik atau situasi yang tidak menyenangkan. Namun, menyimpannya tidak akan menyelesaikan permasalahan. Ibarat sebuah balon udara, makin banyak udara masuk, maka makin besar kemungkinannya untuk pecah. Mengatasi masalah sebelum akhirnya menjadi lebih serius, atau jadi lebih sulit dipecahkan dapat membuat kita berada dalam kondisi yang jauh lebih baik.

Setiap orang pasti pernah merasa stres, dan memang ada waktu dimana kita tidak bisa mengindarinya. Namun, sangat mungkin buat kita untuk mengendalikan diri agar stres ini tidak mengganggu kehidupan sehari-hari.

 

 

Sumber : everydayhealth
Halaman :
1

Ikuti Kami