Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
584


Hindari membiasakan mencoba menghibur atau menenangkan pasanganmu saat dia marah. Niat baikmu bisa jadi malah mengancam keutuhan pernikahan kalian. Karena upayamu untuk membuat pasanganmu lebih tenang ternyata justru bisa membuat dia jauh lebih marah loh.

Banyak suami istri yang terintimidasi karena emosi negatif dari pasangannya. Seringkali karena mereka merasa perlu melakukan sesuatu untuk membuat emosi negatif, seperti kemarahan, itu hilang. Tapi hal terbaik yang bisa dilakukan untuk menenangkan pasangan yang merasa tertekan adalah pengertian. Pemahaman paling baik diungkapkan dengan belas kasih dan empati. Ini adalah obat terbaik bagi perasaannya.

Kalaupun kamu mencoba untuk membuatnya lebih baik, adalah penting untuk melakukannya pada waktu dan cara yang tepat. Seperti dengan melakukan 3 hal ini:

1. Memberikan pemahaman

Tanggapan penuh kasih bisa mengalihkan emosi negatif pasanganmu dan dengarkan hatimu. Tunjukkan padanya kalau apa yang dia rasakan juga sangat mempengaruhimu.

2. Berikan pengakuan yang tulus soal kemarahannya

Empati adalah memahami kemarahan yang menganggu pasanganmu dari sudut pandang mereka. Saat kamu mendengarkan cerita pasanganmu tentang apa yang menganggu dia, berikanlah pengakuan yang tulus sesuai dengan yang kamu lihat dan dengar dari mereka.

Misalnya, kalau pasanganmu menyampaikan perasaannya disertai dengan linangan air mata atau kata-katanya mengungkapkan kekecewaan, sampaikanlah kepadanya, “Kelihatannya kamu sangat marah dengan hal itu. Benarkah?” Kalau dia malah memilih diam, kamu bisa balik membalas, “Kamu kelihatan sangat gugup. Apa kamu sedang merasa takut?” Kalau suaranya mulai meninggi, muka yang mulai tegang dan tangan yang mengepal, cobalah berkata, “Kamu tampaknya marah. Aku bersedia mendengarkan kalau kamu mau membicarakannya.”

Jangan pernah meminta mereka untuk tenang saat mereka mulai mengeskpresikan kemarahannya. Kalau kemarahan itu memang dipicu oleh sesuatu yang kamu lakukan, hindari bersikap defensif (bertahan). Karena sikap ini hanya akan membuatnya semakin marah.

3. Berikan sentuhan hangat

Setelah kamu menunjukkan perhatian dan empati terhadapnya, mulailah mencoba memberikan sentuhan hangat dibagian tubuhnya. Entah itu dipundaknya, punggung atau tangannya. Hal ini bisa membantu menurunkan kemarahannya dan juga menunjukkan kepedulianmu atas apa yang dia sedang hadapi.

Kenalilah pasanganmu lebih dalam dan pastikan bentuk sentuhan apa yang kerap membuat dia lebih nyaman dan rileks.

Mengarungi bahtera rumah tangga memang susah-susah gampang. Kadang kalian bisa tertawa bersama dan kadang bisa marah-marahan karena satu hal. Tapi yang pasti jangan biarkan emosimu menghancurkan pernikahanmu. Belajarlah untuk tidak egois dan tumbuh dewasa bersama pasanganmu.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer

Sony Wuisang 19 November 2018 - 06:59:46

Pelayanan anak

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7221

advertise with us