Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
323


Sekolah seharusnya menjadi rumah kedua bagi anak untuk berlindung dan mengenyam pendidikan. Namun masalahnya, sebagian besar anak menganggap sekolah menjadi tempat yang paling menakutkan dalam hidupnya. Hal itu karena adanya tindak kekerasan tanpa sepengetahuan guru yang terjadi antar murid, yaitu bully.

Biasanya anak tidak berani memberitahu orangtua atau siapapun ketika mereka dibully bukan?

Nah, lalu gimana jika anak kamu bukan korban bullyan melainkan pembully? Mengetahui ini apa yang kamu akan lakukan?

Mungkin kedengarannya sulit ya, tapi kamu perlu melakukan tindakan yang bijak soal ini supaya anak kamu nggak melulu membully orang lain.

1. Bicaralah kepada anak kamu

Ketika anak kamu membully orang lain, hal ini bisa sampai kepada sekolah loh. Dan anak kamu akan digertak dan itu bisa menimbulkan trauma yang bikin anak kamu semakin nakal dan keras kepala.

Sebagai orangtua, rasanya serba salah ya! Cobalah untuk mengajak anak kamu berbicara, mintalah cerita dari sisi dia. Bersikaplah objektif dan dengarkan dia baik-baik. Tenang dan jelaskan apa yang dituduhkan oleh orang lain atau sekolah mengenai anak kamu dan mintalah penjelasan mengenai insiden dan peran mereka. Jangan menggertak dan membuat anak kamu takut ya, karena hal ini akan berpengaruh dengan apa yang akan dia katakan. Jangan sampai ketakutannya membuatnya menjadi seseorang yang berbohong demi membenarkan dirinya.

Bicara dengan kasih dan dengarkan dia dengan lembut!

2. Jelaskan kepada anak kamu bahwa kamu benar-benar menganggap bully adalah sesuatu yang serius

Dengan tenang, beritahu mereka bahwa kamu nggak akan bertoleransi dengan perilaku bully yang dia lakukan. Berikan dia pandangan Alkitab dan lain sebagainya, bahwa sikap ini nggak cuma menyakiti hati kamu dan orang lain, tetapi juga Tuhan Yesus.

Bantu dia untuk mengerti hal ini.

3. Kembangkan sebuah aturan yang jelas dan konsekuensi mengenai perilaku bulling yang anak lakukan.

Setelah kamu bicara kepada mereka, dan dia tak lagi melakukan bully, pujilah mereka karena benar-benar taat. Namun sebaliknya, tentukan konsekuensi yang adil jika dia melakukan bully lagi. Sepakat dengan anak untuk konsekuensi tersebut jika dia melanggar suatu waktu.

4. Habiskan waktu lebih banyak bersama anak-anak kamu.

Yap, kadang anak suka membully orang lain karena dia membutuhkan sebuah perhatian dari orang lain terutama kamu sendiri sebagai orang tua. Itu dia mengapa, pekalah dalam hal ini dan sisihkan waktu bersama mereka untuk terus memperhatikan mereka bahkan memantau pertumbuhan mereka.

Baik ketika mereka sedang bermain dengan teman-temannya, atau secara online dan mengirim pesan.

5. Kenali dan sadari siapa teman-teman mereka

Yap, penting banget. Rata-rata orangtua terlalu memberi kebebasan sepenuhnya bagi anak untuk memilih teman mereka. That‘s ok, tapi bukan berarti juga kita diam dan tak mau tahu siapa teman mereka, dan gimana dia meluangkan waktu bersama teman-teman.

Teman-teman juga bisa mempengaruhi mereka loh, jadi jangan anggap sepele ya mom, dad! Jika kamu pikir dan melihat anak kamu bergaul dengan orang yang tak baik dan itu mempengaruhi dia sehingga membully orang lain, bicaralah padanya. Berikan dia pandangan dan nasehat!

Selain 5 cara di atas, hal yang paling penting orangtua harus ingat dan lakukan adalah berdoa dan jadilah role model bagi anak kamu. Saya percaya mereka tak mungkin tutup mata dan meniru orangtua mereka yang penuh kasih terhadap orang, pastilah mereka mempertimbangkan untuk berubah dan meniru kamu! Do it.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iqbal rahmat 19 November 2018 - 21:26:59

The underlined word refers to

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7220

advertise with us