Inta

Official Writer
747


Kalau kita mendengar kata pengusaha, pikiran kita pasti langsung akan dilayangkan pada pribadi dengan jumlah uang yang banyak. Pengusaha adalah mereka yang mau keluar dari zona nyaman dan memulai sesuatu yang baru.

Nah tentu saja dong, dengan memulainya sesuatu yang baru, profesi pengusaha ini jadi cocok buat kita sebagai generasi milenial. Memulai suatu bisnis bisa saja menjadi salah satu mimpi kita sekarang ini. Namun, perlu diingat kalau dunia bisnis nggak hanya sekedar cari uang, sebab ada risiko yang harus kita hadapi. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan saat memutuskan untuk memulai sebuah usaha.

1. Tentukan passionmu

Hal ini jadi alasan terpenting kenapa kita memulai sebuah bisnis. Berbisnis itu berbicara mengenai passion. Passion nggak cuma bikin kita semangat buat menjalani apa yang kita kerjakan. Ketika kita mulai down terhadap apa yang dilakuin, kita bisa merenung dan kembali ke diri kita, kenapa kita memilih bisnis ini.

2.  Tujuan bisnismu apa?

Tujuan datang setelah kita menyadari apa passion yang dapat membawa kita dalam sebuah bisnis. Melalui tujuan, kita jadi punya gambaran besar mengenai bisnis yang mau kita jalani. Mau dibawa kemana bisnismu? Apakah bisnis yang akan dijalani ini sekedar nambah uang jajan? Atau lebih dari itu? mau punya caffe? Punya butik? Semuanya harus ada tujuan yang jelas tentang apa yang mau kita lakuin.

3.  Hilangkan gengsi

Bob Sadino bisa sukses karena katanya ia berhasil memutuskan urat malu dan mulai memasarkan bisnisnya dari pintu ke pintu. Ada banyak orang yang sering gengsi sama teman-temannya kalau jualan atau sok sibuk ngurusin bisnis. Kita harus bisa tahan banting sama mereka yang menjauhi kita saat memulai sebuah bisnis.

4.  Bergabung dengan komunitas

Pasti kita pernah mendengar dong, kalau kita nggak boleh jadi angsa yang berada dikumpulan bebek, atau sebaliknya. Kalau kita mau menjadi sukses, berkumpul dengan mereka yang satu visi juga sangat penting saat memulai sebuah bisnis. Lewat komunitas, kita bisa belajar banyak melalui orang lain. Kita juga bisa menemukan relasi atau peluang baru.

5. Tawarkan pada orang terdekatmu

Saat sudah menjalani poin satu sampai empat, selanjutnya adalah dengan bertanya pada orang terdekat. Apapun bisnis yang mau kita jalani, mintalah pendapat orang lain yang bersedia jujur terhadap diri kita. Dengan begitu, mereka bakalan nggak ragu-ragu buat komen tentang apa yang kamu tawarin ke pasar. Dari sini kita akan mendapatkan banyak masukan dari orang-orang terdekat kita.

6. Atur keuanganmu

Nggak bisa kita hindari kalau bisnis nggak bisa jauh-jauh dari uang. Profit setinggi-tingginya adalah salah satu tujuan dari bisnis. Sering banget nih, orang yang saat ditanya mengenai keuntungan yang tidak bisa menjawabnya. Pencatatan keuangan merupakan bekal dasar yang perlu kita miliki sebagai orang yang mau merintis sebuah usaha. Paling tidak, lewat kemampuan ini kita bisa mengetahui apakah bisnis rugi atau tidak.

Jadi, seberapa siapkah kamu memulai sebuah usaha? Mau bekerja atau memulai sebuah usaha, percayalah kalau apapun pilihan kita itu adalah yang terbaik. Juga, pastikan kalau apapun yang kita kerjakan seharusnya memiliki tujuan untuk menyenangkan Tuhan.  

 

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

advertise with us


7252

Banner Mitra Juni Week 1-2