Wajib Dimakan! Expert Menjelaskan Kalau 5 Kulit Buah Ini Lebih Bermanfaat Lho, Simak Yuk!
Sumber: Fotolia.com

Health / 16 August 2018

Kalangan Sendiri

Wajib Dimakan! Expert Menjelaskan Kalau 5 Kulit Buah Ini Lebih Bermanfaat Lho, Simak Yuk!

Inta Official Writer
1833

Ada banyak ahli yang menjelaskan kalau kulit pada buah-buahan bisa menjadikan kulit makin sehat, mengembalikan mood, bahkan mengurangi risiko penyakit tertentu, lho. Nah, kulit buah ini termasuk pisang, kiwi, bahkan nanas yang kulitnya nampak mustahil untuk dikonsumsi. Penasaran bagaimana cara konsumsi dan manfaatnya?

Yuk simak beberapa kulit buah dan sayuran yang bisa dikonsumsi dan mengandung banyak manfaat di bawah ini.

1.  Jeruk

Berdasarkan dari sebuah penelitian di tahun 2004 dari Agriculture and Food Chemistry, salah satu jenis antioksidan seperti hesperidin yang membantu menurunkan tekanan darah, tingkat kolesterol dan inflamasi ditemukan banyak di kulit jeruk. Antioksidan sendiri dapat meredam radikal bebas yang merusak tubuh kita. Kulit jeruk punya 20 kali lebih banyak antioksidan dibandingkan bagian dalamnya.

Banyak orang yang membuang kulit jeruk karena rasa pahit, untuk itu kita bisa mengonsumsinya untuk bahan pendamping salad, panggangan daging, atau makanan lainnya. Bisa juga merebusnya seperti teh atau merendamnya dalam air dingin semalaman, kemudian kita meminum air hasil rendaman tersebut.

2.  Apel

Membuang kulit apel sama saja kita membuang sumber serat terbesarnya. Hampir separuh dari vitamin C pada apel berada di permukaan kulitnya. Kulit apel merah sangat kaya akan anyhocyanin yang merupakan antioksidan yang melindungi tubuh terhadap beberapa jenis kanker, khususnya kanker prostat.

Kulit apel kuning mengandung karotenoid seperti betakaroten yang membantu menjaga mata yang sehat, memerangi kanker dan melindungi terhadap penyakit jantung. Sementara kulit apel hijau kaya lutein, yang dapat membantu mengurangi risiko katarak dan cacat lahir dan juga melindungi terhadap kanker.

3.  Pisang

Tim ahli dari Taiwan Chung Shan di Medical University menemukan kalau ekstrak kulit pisang dapat mengurangi depresi karena kaya akan hormon serotonin yang dapat menyeimbangkan suasana hati. Kulit pisang juga melindung retina kita dengan kandungan lutein yang baik untuk melindungi sel-sel mata dari paparan sinar ultraviolet, penyebab katarak.

Untuk mengonsumsinya, kita bisa merebus kulit pisang selama 10 menit dan meminum hasil rebusannya. Selain itu, kita juga bisa meminum air kulit pisang yang sudah disaring setelah selesai di blender atau mencampurnya dengan buah-buahan lainnya agar lebih nikmat untuk dikonsumsi.

4. Kiwi

Kulit kiwi yang punya banyak rambut halus pasti bikin kita heran mengenai cara mengonsumsinya. Meskipun demikian, dibalik kulit dengan rambut halus tersebut ada senyawa felonik seperti flavonoid yang memiliki potensi anti kanker, anti inflamasi, atau anti alergi. Kulit dalam buah kiwi dapat mengatasi keracunan makanan.

Kalau dikira rambut halusnya mengganggu, kita bisa memilih jenis kiwi 'gold' yang punya rambut lebih sedikit tapi punya manfaat kesehatan yang sama. Namun saat membuat jus, pastikan kita memasukkan kiwi utuh ke dalam blender untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak.

5. Nanas

Dikutip dari Mirror Co, daging nanas kaya akan vitamin C dan mangan. Sementara kulitnya sangat baik sebagai serat dan enzim bromelain. Enzim ini sangat baik untuk kita yang punya gangguan pencernaan, sebab makanan akan jadi lebih mudah untuk dicerna dan diserap, sehingga mengurangi risiko kembung. Bromelain juga berfungsi sebagai anti inflamasi, sehingga dapat menurunkan demam, radang sendiri atau asam urat. Jadi, pastikan kita memblender nanas utus saat mengonsumsinya, ya.

Wah, ternyata ada banyak kulit buah-buahan yang baik untuk tubuh, ya. Kira-kira, mana nih kulit buah yang akan jadi favoritmu?

Sumber : mirror
Halaman :
1

Ikuti Kami