Penting! Cara Mengasuh Anak Alkitabiah Yang Wajib Orangtua Ketahui

Penting! Cara Mengasuh Anak Alkitabiah Yang Wajib Orangtua Ketahui

Naomii Simbolon Official Writer
977

Alkitab memberikan kita banyak contoh gimana menjadi orang tua yang baik.

Menjadi orangtua yang baik memang butuh bayar harga yang mahal. Jika kita ingin menyaksikan anak-anak dan keturunan kita diberkati dan menjadi berkat maka mereka harus  hidup dalam kebenaran Kristus, itu berarti kita sebagai orang tua harus mendidik dan mengajar mereka bagaimana caranya.

Nah, dibawah ini ada 4 pelajaran cara asuh anak yang diambil dari Alkitab. Saya percaya kiat dan contoh ini akan membantu kamu sebagai orangtua untuk menghindari pilihan yang salah dalam mendidik anak.

1. Jadi role model yang baik bagi anak

Nggak perduli berapa banyak kata yang kamu katakan kepada anak, mereka nggak akan mengikuti banyak apa yang kamu katakan, tapi mereka banyak meniru dan merekam apa yang kamu lakukan. Oleh karena itu, penting banget bagi orang tua untuk menjadi teladan yang baik.

Jadilah contoh seperti apa yang ingin kamu lihat dari anak-anak kamu.

"Jadilah pengikutku, sama seperti aku juga menjadi pengikut Kristus." ( 1 Korintus 11:1, Titus 2:1-10).

Kadang emang lucu tapi juga sedih jika melihat gimana anak kita bersikap seperti kita. Jika yang mereka lakukan adalah hal benar, maka itu baik. Namun jika mereka meniru hal yang buruk yang kita lakukan, maka segeralah bertobat! Jadilah yang terbaik.

2. Bersatulah dalam kepemimpinan

Ketika bicara soal mengasuh, sering sekali cara pengasuhan kita berbeda dengan suami atau istri kita dan itu bisa merusak otoritas dan kepemimpinan dalam mengasuh anak.

"...Sebab tiap kerajaan yang terpecah-pecah  pasti binasa dan setiap kota atau rumah tangga yang terpecah-pecah tidak dapat bertahan." (Matius 12:25)  

So, bersatulah dalam kepemimpinan bersama pasanganmu dan bersepakatlah dengannya bagaimana cara yang benar untuk mendidik anak-anak.

3. Bangun hubungan pribadimu dengan anak-anak

Anak-anak yang memiliki hubungan baik dengan orangtua mereka akan memiliki hubungan yang baik lebih awal dengan Tuhan. Allah sangat menghendaki keluarga menjadi teladan antara hubungan Allah dengan manusia (Kejadian 1:27; 2:23,24; Efesus 5,6 ; Kolose 3:16-25)

Kita diciptakan menurut gambarNya untuk memberikan kemuliaan bagiNya dan membawa orang lain kepada-Nya. Sebagai sebuah keluarga, kamu memiliki audience yang mudah terpikat untuk diarahkan kepada Yesus. Sedihnya ada begitu banyak keluarga yang nggak berfungsi sebagaimana yang dimaksudkan Allah dan tidak menjadi teladan yang baik seperti yang Ia inginkan.

4. Sengaja latihlah anak kamu

Selain menjadi panutan atau teladan yang baik bagi anak, kamu harus terlibat dalam melatih anak secara di sengaja.

"Apa yang telah engkau dengar daripadaku di depan banyak saksi, percayakanlah itu kepada orang-orang yang dipercaya, yang juga cakap mengajar orang lain." (2 Tim 2:2)

Kita harus menghabiskan waktu untuk mengajar anak-anak kita mengenai Tuhan dan gimana hidup di dunia ini.

Jangan berasumsi bahwa mereka akan mempelajari hal-hal ini dengan sendirinya. Mereka pasti nggak akan mempelajarinya dari teman-teman mereka tapi dari kamu sendiri sebagai orang tua.

Nah, sementara gereja mengajarkan banyak hal yang sama kepada kamu, maka kamu harus gunakan itu sebagai penguatan mengenai apa yang kamu ajarkan di rumah. Gereja atau sekolah Kristen nggak bisa diandalkan seutuhkan untuk mengambil peran kepemimpinan keluarga. Itu bukan cara Tuhan, tapi Dia mau keluarga berfungsi dengan baik!

Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami