Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
852


Konsep berziarah ke tempat suci sudah dikenal sejak zaman kuno. Di Indonesia sendiri, kata ziarah sering dianggap sebagai sebuah kunjungan ke sebuah tempat yang dianggap keramat atau mulia. Dalam industri pariwisata, orang percaya sering sekali ditawari untuk pergi berziarah ke Yerusalem dan kota-kota 'suci’ di sekitarnya.

Perlu kita ingat kalau berziarah disini hanyalah sebatas kegiatan pariwisata bersifat rohani dan mengenal tempat tempat bersejarah seperti yang tertulis dalam Alkitab, sehingga tidak ada larangan sama sekali untuk melakukannya.

Biasanya, orang percaya melakukan perjalanan ziarah ke Israel atau Mesir, karena tempat-tempat tersebutlah asal mula sejarah keselamatan bagi umat manusia. Selain tempat-tempat di atas, Turki juga punya tempat ziarah yang menarik untuk dikunjungi, lho.

Nggak cuma punya nilai sejarah, beberapa tempat sejarah rohani ini juga sangat terkenal dengan pemandangannya yang indah. Berikut beberapa di antaranya.

1. Antiokhia


Dikutip dari Wikipedia, kota ini merupakan pusat agam Kristen pada abad-abad pertama Masehi. Di kota ini jugalah murid-murid Tuhan Yesus untuk pertama kalinya disebut sebagai orang Kristen yang artinya golongan Kristus (Kisah Para Rasul 11:26).

Terletak di Provinsi Hatay di selatan Turki, kota yang dibangun pada tahun 301 SM oleh Seleukur Nikator ini merupakan kota yang dibangun sebagai bentuk penghormatan pada Kaisar Anthiokus. Sekarang ini, nama Anthiokhia dikenal sebagai Antakya.

Kota Antakya sangat terkenal dengan cita rasa kulinernya, selain itu juga kota yang dihiasi dengan peninggalan sejarah arkeologi, planologi atau tata kota kuno, dan peninggalan lainnya. Saat berkunjung ke Turki, jangan lupa untuk berkunjung ke St. Peter’s Grotto yang merupakan tempat St. Paulus berkhotbah dan Iron Gate yang merupakan satu-satunya pintu masuk kota dalam cerita Alkitab.

2. Ephesos


Kota Ephesos atau Efesus, yang juga dalam bahasa Turki disebut sebagai Kota Efes terletak di Provinsi Izmir. Dulunya, kota ini menjadi pusat perdagangan dunia kuno, sebagai awal dari penyebaran agama Kekristenan, dan pariwisata.

Tempat ziarah yang bisa kita kunjungi saat berada di kota ini adalah Rumah St. Perawan Maria, Basilika Santo Yohanes, dan Makam Santo Lukas. Buat yang suka berkunjung ke museum, Ephesos Museum juga merupakan tempat terbaik untuk mengenal lebih dalam mengenai kota ini.

Wikipedia mencatat kalau Efesus adalah salah satu dari tujuh Jemaat di Asia Kecil yang disebutkan dalam Kitab Wahyu kepada Yohanes. Diduga Yohanes menulis Injilnya di kota ini.

Baca juga: Super Hemat, 4 Destinasi Wisata Luar Negeri Ini Punya Nilai Mata Uang Tidak Jauh Rupiah!

3. Lembah Goreme


Kalau kita lihat secara sekilas, wilayah Cappadocia ini seakan berada di dunia lain. Sebab mulai dari terowongan, gereja, hotel, restoran, hingga rumah-rumah penduduk berada dalam kerukan batu raksasa. Lembah Goreme merupakan tempat berlindung bagi umat Kristen dari pengejaran bangsa Romawi. Disini, ada banyak gua-gua yang dilukis sebagai bukti kehadiran umat Kristen di masa itu.

Selain Lembah Goreme, wilayah Cappadocia memang terkenal punya pemandangan alam yang sangat luar biasa. Nggak heran kalau tempat ini menjadi salah satu wahana balon udara terbaik di dunia. Cappadoccia sendiri berada di wilayah tengah Turki di Provinsi Nevyehir yang berarti Land of Beautiful Horses.

Republik Turki merupakan sebuah negara besar di kawasan Eurasia ini memiliki banyak kota kuno yang kaya akan sejarah. Kalau kita punya kesempatan untuk berkunjung ke Yerusalem, sempatkan diri untuk mampir ke Turki dapat membuat wisata rohani kita jadi makin lengkap.  

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Yones 25 August 2019 - 01:13:05

Upah mengikut Yesus

0 Answer

Gelatik Senja 22 August 2019 - 23:33:40

Cara mengendalikan hawa nafsu

0 Answer

Samu Vastro 22 August 2019 - 23:11:21

Hormati

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 4


7271

Banner Mitra Agustus Week 3