Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
741


Lingkungan berperan besar dalam mempengaruhi perilaku dan karakter anak. Semakin bebas lingkungan di mana anak tinggal, semakin terpapar anak dengan beragam perilaku dan karakter yang kurang baik. Kehadiran teknologi yang semakin bebas di jaman ini juga berdampak negatif terhadap anak.

Tapi gak perlu khawatir, selama setiap orangtua tetap mengawasi anak dengan baik, kondisi anak pasti akan tetap baik. Ada empat cara yang bisa dilakukan orangtua untuk memastikan anak tumbuh dengan perilaku dan karakter yang penuh kasih, diantaranya:

1. Perkenalkan anak dengan Tuhan dan Alkitab

Segala hal yang baik bisa kamu dapatkan di dalam Alkitab. Sebagai keluarga Kristen, perkenalkan anak lebih dulu tentang siapa itu Tuhan. Setelah itu, mulailah mengajarkannya tentang sikap dan karakter Tuhan yang penuh kasih, murah hati, maha pengampun, dan juga panjang sabar. Mengenal Tuhan akan membuat mereka tahu bahwa mereka perlu meniruNya.

2. Ajarkan anak tentang tata krama dan sopan santun

Setiap negara pasti punya budaya yang berbeda. Tapi di budaya manapun, sikap sopan santun dan tata krama adalah hal yang penting. Jadi, orangtua perlu mengajarkan hal ini ke anak, misalnya bagaimana anak harus berbicara dan bersikap kepada orang lain. Ajarkanlah supaya anak selalu bersikap hangat dan menghormati orang lain.

Baca Juga : 5 Penyebab Banyak Anak Menolak Ikut Keyakinan Orangtuanya

3. Perkenalkan figur teladan yang baik kepada anak

Satu-satunya figur terbaik yang patut dicontoh anak adalah Yesus. Jadi perkenalkanlah kepada anak tentang Yesus, sikap, pribadi dan perbuatan-perbuatanNya yang baik. Ceritakan kisah Yesus yang paling berkesan ke anak, misalnya tentang pengorbananNya di kayu salib untuk menebus dosa manusia yang suka menjahati dan membenci orang lain.  

4. Bangunlah rasa percaya diri anak bahwa mereka adalah anak-anak yang baik

Ucapan dan motivasi bisa membentuk pribadi seseorang. Dia bisa jahat karena semua orang suka menyampaikan hal-hal yang buruk tentangnya. Tapi dia bisa menjadi pribadi yang baik karena ada banyak orang di sekelilingnya yang kerap mengucapkan kata-kata membangun dan memotivasi. Jadi, inilah peran orangtua yaitu untuk meyakinkan anak bahwa mereka adalah pribadi yang baik.

Jadi, galilah kekuatan di dalam diri anak dan dorong mereka untuk mengeksplorasi minat mereka. Ajarkan mereka tentang latar belakang budaya dalam keluarga. Tak kalah penting, biasakanlah memakai bahasa yang baik dalam kehidupan sehari-hari supaya anak bisa menirunya.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Mei Santi 19 February 2019 - 12:28:15

Bebas dari hutang

0 Answer

Melva Rut Wewengkang 19 February 2019 - 11:44:09

Kesaksian

0 Answer

Hallo 18 February 2019 - 23:17:54

Apakah terlibat tawuran demi membela harga diri ke.. more..

0 Answer


Richard 18 February 2019 - 20:46:28
Tolong Doakan agar hutang saya dapat berkurang.

Abigail Eleanor 11 February 2019 - 18:23:08
Tolong doakan saya lg mencari kerja..usia saya 35t... more..

A 8 February 2019 - 17:48:57
Tes

Viona 7 February 2019 - 10:54:05
Saya mohon dukungan dalam doa untuk pasangan hidup... more..

Banner Mitra Week 3


7237

advertise with us