Penasihat Spiritual Mantan Presiden Amerika, Bill Hybels Dituduh Lakukan Pelecehan

Internasional / 10 August 2018

Kalangan Sendiri

Penasihat Spiritual Mantan Presiden Amerika, Bill Hybels Dituduh Lakukan Pelecehan

Inta Official Writer
1565

Sebagai ksatu pemimpin gereja besar di Amerika Serikat, Bill Hybels menghentikan karirnya karena isu dugaan atas pelecehan seksual yang telah dilakukannya selama bertahun-tahun. Bill Hybels sendiri merupakan pendiri Willow Creek, yang merupakan salah satu dari lima gereja terbesar di Amerika Serikat. Ia juga pernah menjalin kedekatan dengan mantan presiden Amerika, Bill Clinton sebagai penasihat spiritualnya.

Dugaan ini dilayangkan atas laporan dari Pat Baranowski, yang merupakan salah seorang pelayan di gereja Hybels. Pada awalnya, Baranowski sangat bersyukur karena mendapat panggilan untuk melayani di gereja yang sangat hangat. Tahun 1985, dia diminta untuk pindah ke rumah Hybels dan istrinya, Lynne.

Namun rasa syukur tersebut tidak berlangsung lama, sebab ketika Hybels sedang sendirian, Hybels melakukan pelecehan seksual padanya. Times melaporkan kalau Baranowski mengalami dua tahun masa traumatis atas tindakan tidak menyenangkan, pelecehan seksual, komentar yang tidak pantas, dan hal lainnya, termasuk menyewa film porno dan menonton film tersebut bersama Hybels.

Baranowski, yang kini telah berusia 65 tahun mengaku menutup mulutnya hingga saat ini karena sudah merasa nyaman dan sangat mengasihi orang-orang yang ada di gereja Willow Creek. Ia tidak ingin nama gereja ini menjadi buruk hanya karena laporannya tersebut.

Sementara pada pihak Hybels, ia menolak laporan tersebut lewat sebuah email yang dikirimkan pada The New York Times, yang berisi, "Saya tidak pernah melakukan tindakan fisik atau emosional yang tidak seharusnya bersama Baranowski, baik dulu atau sekarang."

Meskipun Hybels membantah tuduhan tersebut, ia mengumumkan pada jemaatnya mengenai tanggal pensiunnya menjadi lebih cepat 6 bulan. Saat ini, terdapat dua pendeta dari Willow Creek Church yang mengeluarkan pernyataan bahwa mereka mempercayai tuduhan dari Baranowski.

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami