Prihatin Atas Gempa Lombok, Lembaga Sosial Kristen Ini Akhirnya Kirimkan Bantuan
Sumber: Indopos.com

Nasional / 9 August 2018

Kalangan Sendiri

Prihatin Atas Gempa Lombok, Lembaga Sosial Kristen Ini Akhirnya Kirimkan Bantuan

Lori Official Writer
3530

Lembaga sosial kemanusiaan Internasional World Vision, yang juga membuka pelayanan di Indonesia ikut mengirimkan bala bantuan terhadap korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Akibat gempa 7.0 skala richter pada Minggu, 5 Agustus 2018 lalu,sekitar lebih dari 100 orang meninggal dunia dan ribuan warga lainnya mengungsi ke tempat yang lebih aman lantaran rumah-rumah mereka telah rata akibat goncangan gempa. Sementara masih banyak korban yang masih tertimpa reruntuhan rumah beton dan membutuhkan penggalian. Sampai saat ini, masyarakat setempat bahkan masih menunggu bantuan tiba.

“Banyak orang terpaksa mengungsi dari rumah mereka karena banyaknya gempa susulan,” kata Margaretha Siregar dari World Vision Indonesia.

Dia melanjutkan, untuk menolong para korban World Vision telah mengirimkan staffnya sebagai relawan untuk membantu korban baik orang dewasa dan anak-anak di sana. “Kami akan terus memobilitasi tanggapan dengan mitra lokal dan berencana untuk fokus pada perlindungan anak, air bersih, sanitasi dan kebersihan dan memastikan anak-anak mendapat akses pendidikan pasca krisis,” jelasnya.

World Vision Indonesia sendiri sudah mendistribusikan sebanyak 360 terpal pada hari Sabtu (4/8), sehari sebelum gempa terjadi. Hal ini dilakukan setelah bencana gempa berkekuatan 6.4 skala richter yang terjadi beberapa waktu sebelumnya. Bantuan akan tempat pengungsian dinilai akan terus meningkat karena setelah semua perumahan rata oleh gempa.

Bala bantuan juga dikirimkan oleh Lembaga Bantuan Oxfam, dimana mereka sudah menyediakan air minum bersih dan tempat penampungan terpal untuk 5000 orang yang selamat.

Seperti diketahui, seorang wanita dinyatakan selamat setelah ditemukan tertimpa reruntuhan toko kelontongnya yang sangat dekat dengan pusat gempa.

Baca Juga :

#PrayForLombok, Korban Gempa Tewas 82 Orang, Ribuan Mengungsi

Dua Pesepakbola Asing Ini Turut Sampaikan Doa Bagi Korban Gempa Lombok

Proses evakuasi juga masih terus berlangsung saat ini kendati gempa susulan masih terus terasa setiap hari. Di tengah kondisi ini pula korban yang selamat sangat membutuhkan air bersih, makanan, obat-obatan serta tempat pengungsian sementara.

Sutopo Purwo Nugroho, juru bicara Badan Mitigasi Bencana Indonesia (BNPB) menyebutkan bahwa jumlah total korban telah mencapai 105 orang. Jumlah ini termasuk korban dari pulau Bali.

Darurat kondisi yang terjadi di wilayah sekitar NTB, aktivitas wisata pun untuk sementara waktu dihentikan. Ribuan wisatawan bahkan memilih untuk meninggalkan Lombok sejak Minggu malam. Untuk mengangkut penumpang di Bandara Internasional Lombok pihak maskapai penerbangan telah menambah layanannya. Begitu juga dengan armada feri untuk penyeberangan dari Lombok ke Bali.

Sumber : Christiantoday.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami