Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
343


Hubungan pernikahan yang bahagia dilandasi dengan komunikasi yang baik. Sebuah laporan menyatakan kalau pasangan yang berkomunikasi minimal 30 menit bersama pasangannya, dinilai lebih bahagia dibandingkan mereka yang tidak.

Komunikasi dapat mempersatukan hubungan kita dengan pasangan. Lewat hal ini, kita bisa membangun sebuah percakapan yang baik, saling memahami, sekaligus menjalin kedekatan yang makin erat.

Setiap orang punya caranya masing-masing untuk berkomunikasi. 5 cara dibawah ini merupakan rekomendasi dari Dr. Malinda Fasol yang dilansir dari CBN.

1.  Perkataan manis setiap pagi  

Forbes mengatakan bahwa salah satu alasan sukses kebanyakan orang adalah komitmen yang mereka jalankan sejak mereka membuka matanya. Dan kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu paginya untuk bersama-sama dengan orang yang dikasihinya. Pagi hari memang waktu sibuk. Disela-sela kesibukan tersebut, cobalah untuk berkomitmen dengan mengutarakan perkataan yang manis untuk didengar pasangan setiap paginya.

Baca juga: 4 Pelajaran Hidup dan Cinta yang Bisa Kita Dapat dari Istri Seorang Tentara

2.  Obrolan hangat sebelum tidur

Psikolog Curt Smith mengemukakan kalau pasangan menikah yang bahagia adalah mereka yang tidur dalam waktu bersamaan. Waktu sebelum tidur adalah saat dimana kita menjauhkan pekerjaan atau obrolan serius lainnya.

Obrolan yang santai dan hangat dapat membantu kita dan pasangan melupakan sejenak kesibukan dan tanggung jawab, sehingga membuat kita jadi jauh lebih rileks. Sisihkan waktu beberapa menit untuk mengekspresikan perasaan positif kepada pasangan, misalnya mengungkapkan rasa cinta satu sama lain dan mengecup keningnya.

3. Memberi dukungan secara emosional

Untuk mengetahui isi kepala kita, komunikasi yang baik perlu dilakukan. Dalam prakteknya, bertanya adalah salah satu cara terbaik. Pertanyaan seperti "Apa yang kamu ingin aku ketahui?" Atau "Apa yang mau kamu dengar?" adalah contohnya.

Jawaban yang tulus dan jujur sama pentingnya seperti pertanyaan tadi. Katakan kalau kita ingin mendengarkan perkataan romantis seperti 'Aku sayang kamu' atau 'Terima kasih sudah bekerja dengan sangat baik' saat membutuhkan dorongan.

Baca juga: Pernikahan Manis dan Harmonis Bisa Diwujudkan Lewat Alkitab, Lho. Ini 6 Caranya

4. Berdoa

Kurang dari satu persen pasangan yang melakukan doa bersama setiap harinya dilaporkan mengalami perceraian, ungkap Dr. Malinda. Panggilan kita sebagai orang percaya adalah untuk menyaksikan kasih Kristus melalui keluarga.

Berdoa merupakan salah satu cara kita berkomunikasi dengan Tuhan. Doa mengingatkan kita kalau ada Tuhan yang selalu bisa diandalkan. Sebagai nafas orang percaya, sebuah pernikahan tidak bisa dipisahkan dari doa dalam membangun pernikahan dengan Tuhan sebagai dasarnya.

Sebagai penutup, Aristoteles menjelaskan kalau siapa kita adalah apa yang kita kerjakan setiap harinya. Bagaimana pun cara kita berkomunikasi dengan pasangan, menggunakan perkataan adalah penting untuk dilakukan.

Tidak ada sehari pun yang terjadi tanpa adanya tantangan. Saat kita punya waktu untuk bertatap muka dan berkomunikasi secara langsung, gunakanlah waktu tersebut untuk menjalin komunikasi dengan baik bersama pasangan.

Sumber : cbn.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

0 Answer

Kefas Yonas 16 August 2018 - 02:13:34

shalom , apakah tanya tentang wetong kepada orang .. more..

0 Answer

Christian 14 August 2018 - 10:38:46

prolegomena

0 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week 2


7189

Gempa Lombok