Bye Visa dan Mastercard, Yuk Kenalan Dengan GPN dan 4 keuntungannya Buat Generasi Milenial
Sumber: http://cdn2.tstatic.net/style/foto/bank/

Finance / 8 August 2018

Kalangan Sendiri

Bye Visa dan Mastercard, Yuk Kenalan Dengan GPN dan 4 keuntungannya Buat Generasi Milenial

Inta Official Writer
2414

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah sebuah program dari Bank Indonesia (BI) yang sedang gencar disosialisasikan. Setelah dikaji selama 20 tahun, akhirnya program ini diluncurkan sejak Mei 2018 lalu.

GPN merupakan sistem yang mempersatukan bank-bank nasional dalam melayani nasabah dan memfasilitasi pembayaran secara elektronik. Hingga Mei 2018, GPN yang tercetak pada kartu debit berjumlah 937 ribu, sementara yang terdistribusikan sebanyak 497 kartu. Hadirnya GPN bisa memperluas layanan akses sistem pembayaran melalui peningkatan interkoneksi dan interoperabilitas.

Pengalihan kartu debit lama berlogo Visa atau Master Card ke kartu dengan logo burung garuda alias GPN ini rencananya akan diimplementasikan secara permanen tahun 2022 yang akan datang. Nggak hanya sebatas program yang diluncurkan pemerintah, GPN juga punya 4 manfaat yang secara khusus mempermudah generasi milenial, lho.

1. Bebas akses semua ATM dan mesin EDC

Kita semua pasti pernah merasakan sebalnya harus muter-muter sebuah tempat hanya untuk mencari ATM bank tertentu. Salah satu kemudahan dari teknologi interkoneksi dan interoperabilitas yang mempersatukan 4 perusahaan switching sekaligus memungkinkan kita bisa mengakses kartu debit berlogo GPN di ATM bank manapun.

2. Tanpa perlu banyak kartu, satu kartu GPN mencakup semua transaksi lokal

Kartu debit berlogo GPN memungkinkan kita cukup memiliki satu kartu untuk bisa mengakses semua ATM dan mesin EDC tanpa khawatir kena biaya lebih. Selain memberi kemudahan, GPN juga berarti menguntungkan buat kita karena bisa menghemat anggaran yang kita keluarkan untuk biaya administrasi pada setiap kartu yang kita miliki.

Bank Indonesia juga mengabarkan kalau sebentar lagi GPN bisa digunakan untuk pembayaran tagihan bulanan seperti listrik, air, telepon, asuransi bahkan kredit.  Sayangnya, kartu GPN hanya bisa digunakan untuk transaksi lokal. Transaksi internasional tetap bisa dilakukan selama kita menggunakannya tetap di dalam negeri.

Baca juga: Mitos Atau fakta? 3 Konsep Tentang Uang Ini Penting Buat Diketahui Biar Nggak Salah Kaprah

3. Menghemat top up uang elektronik dan pembayaran kartu debit

Berbeda dengan Visa dan Master Card yang pengelolaannya dilakukan di luar negeri, GPN memangkas biaya operasional karena semua proses dilakukan di dalam negeri. GPN juga memiliki banyak keuntungan seperti potongan harga atau promo lainnya, termasuk top up uang elektronik (e-money).

4. Memperkecil banyaknya jumlah uang fisik yang beredar

Speerti yang kita ketahui, inflasi dapat terjadi karena jumlah uang yang beredar lebih banyak daripada yang dibutuhkan. Kehadiran GPN membuat kita menjadi dekat dengan cashless society atau keadaan dimana kelompok orang yang dalam transaksi keuangannya tidak lagi menggunakan uang tunai, melainkan dalam bentuk kartu.

Australia adalah salah satu negara yang menerapkan sistem ini. Selain baik untuk negara, bukankah kabar ini juga praktis buat kita sehingga dapat belanja, makan atau dimanapun tanpa perlu bawa uang tunai.

Satu manfaat terakhir adalah keamanan yang tinggi. BI mengemukakan kalau salah satu tujuan diciptakannya GPN adalah untuk meningkatkan perlindungan transaksi keuangan untuk masyarakat melalui pengaman data transaksi nasabah pada setiap transaksi yang dilakukan.

Jadi, bagaimana menurutmu? Siapkah kamu menyambut sistem pembayaran elektronik ini?

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami