Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
694


'Ah dasar, nggak peka banget deh!' Pasti sebagian dari kita pernah mendapatkan kalimat tersebut entah dari pacar, teman atau keluarga. Pernah nggak sih bertanya-tanya, sebenarnya kita harus bagaimana agar disebut sebagai orang yang peka tersebut?

Kepekaan adalah tentang menunjukkan menunjukkan sikap hati kita. Orang yang peka akan memberi tahu mengenai perasaannya, apa yang dicarinya dan memahami maksud dari orang lain. Emosi adalah hal yang paling sering terlibat dalam sebuah hubungan.

Peka sendiri berarti sensitif atau mudah merasa, terpengaruh dan bereaksi atas suatu rangsangan kondisi tertentu. Kepekaan mengajarkan kita untuk bisa memahami orang lain. Berikut adalah 4 cara yang bisa kita lakukan untuk mengasah kepekaan.

1. Ingatlah kalau kita ini berharga

Hal paling pertama yang harus diingat adalah menyadari betapa berharganya diri kita ini. Saat kita mulai terbuka dengan orang lain, percayalah kalau kita memang pantas untuk dikasihi dan dihargai oleh orang lain.

Setiap orang tidak akan bisa terbuka dengan orang lain saat mereka tidak bisa menyadari kalau dirinya pantas untuk menerima respon positif dari orang lain.Saat kita ingin menjadi orang yang peka terhadap orang lain, penting buat kita untuk menuainya dengan menyadari perasaan kita sendiri.

2. Belajar mengenai bahasa tubuh

Setiap orang punya cara yang berbeda dalam menyampaikan pesan yang dimaksudnya. Mimik wajah dan bahasa tubuh bisa menunjukkan perasaan maupun emosi seseorang. Kebanyakan orang memilih untuk berkomunikasi secara non verbal saat mereka tidak ingin untuk meneruskan bicara. Berilah mereka waktu sejenak, kemudian bicarakan baik-baik mengenai apa yang ada dipikirannya dapat mengasah kepekaan kita terhadap sesama.

3. Lebih banyak mendengar

Ada banyak orang yang mendengar untuk menjawab, bukan untuk memahami maksud dari orang tersebut. Menjadi pendengar yang baik menunjukkan kalau kita adalah pribadi yang mengerti dengan kondisi orang lain.  

Lewat mendengarkan orang lain, kita jadi mengetahui banyak informasi mengenai caranya berpikir, perasaan, dan hal lainnya. Sehingga kemudian kita bisa menentukan sikap yang tepat untuk menanggapinya.

4. Menempatkan diri kita pada posisinya

Empati adalah sebuah cara klarifikasi mengenai apa yang kita pahami dengan apa yang orang lain katakan. Penting buat kita untuk menjaga komunikasi agar tidak terjadi kesalahpahaman. Saat menempatkan diri kita pada posisi orang tersebut, kita akan jadi jauh lebih memahami orang tersebut. Kurangnya sikap empati bisa membuat interaksi kita dengan orang lain salah paham.

Memahami perasaan orang lain dibutuhkan sikap diri yang mau menyingkirkan rasa egois. Istilah peka sering kita dengar untuk menggambarkan bagaimana orang tersebut bisa mengerti apa yang kita inginkan. Untuk bisa memahami orang lain, kita harus belajar untuk mengasah kepekaan yang ada dalam diri kita.

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

0 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer

Roy Hendrawanto 4 December 2018 - 00:01:52

Solusi terbebas dari hutang kartu kredit

1 Answer


sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Banner Mitra Week 2


7226

Superyouth