Berada Dalam Satu Kota, Saint Petersburg Rusia Punya 4 Gereja Klasik Megah Yang Indah Ini!
Sumber: Wacana Nusantara

Entertainment / 2 August 2018

Kalangan Sendiri

Berada Dalam Satu Kota, Saint Petersburg Rusia Punya 4 Gereja Klasik Megah Yang Indah Ini!

Inta Official Writer
2909

Sebagai pusat industri, ilmu, dan budaya, pusat kota Saint Petersburg merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Kota dengan luas 1439 km persegi ini didirikan pada tahun 1703 oleh Peter yang Agung.

Dengan 43 perguruan tinggi yang ada di kota Saint Petersburg, bisa kita pastikan kalau kota ini sangatlah luas. Disebut-sebut sebagai kota yang kaya dengan bangunan gereja klasik nan megah, yuk simak 4 diantaranya.

1. Church of the Savior on the Spilled Blood


Gereja ini merupakan bangunan paling ikonik dari semua bangunan keagamaan di Saint Petersburg. Church of the Savior on the Spilled Blood dibangun di tempat yang sama saat Tsar Alexander II dibunuh pada tahun 1881.

Gereja yang dibangun pada awal abad ke-20 ini sangat khas dengan arsitektur abad pertengahan, lengkap dengan dekorasi dinding dan langit-langit gereja yang menggambarkan kejadian dan karakter di Alkitab. Berlokasi tepat di belakang jalan utama Nevsky Prospekt, dekorasi interior indah ini merupakan hasil karya dari Viktor Vasnetsov dan Mikhail Vrubel.

2.  The Peter and Paul Cathedral


Gereja ini merupakan tempat pemakanan para tsar Rusia yang juga adalah bangunan tertinggi kedua di kota. Sebagai bangunan tertinggi kedua di kota, menara dengan lonceng setinggi 122,5 m ini bisa kita lihat dari seluruh pusat kota.

Lewat interior yang didominasi dengan warna emas, gereja ini memiliki gaya arsitektur baroque, yang dirancang oleh arsitek asal Italia bernama Dominico Trezzini pada tahun 1712, dengan detail perpaduan gereja Eropa Barat.

3. St Isaac’s Cathedral


Butuh waktu 40 tahun lamanya untuk membangun katedral yang sekarang telah menjadi museum ini. Dengan tampak luar yang dihiasi oleh 112 kolom granit padat dan interior dengan patung, lukisan, mosaik dan panel kaca berwarna.

Melalui katedral yang selesai dibangun tahun 1858 ini, kita bisa menaiki 262 anak tangga di sekitar kubah katedral untuk bisa melihat pemandangan kota Saint Petersburg yang indah.Gaya arsitektur neo-klasik Rusia, Katedral ini merupakan katedral ortodoks terbesar di kota Saint Petersburg dan menempati urutan keempat sebagai basilika otodoks terbesar di dunia.

4. Chesme Church


Berlokasi nggak jauh dari stasiun metro Moskovkaya, gereja yang terletak di selatan Saint Petersburg ini sangat cantik dengan warna cat cerah pada bangunan luarnya. Dibangun oleh Yury Felten, Gereja Chesme berukuran cukup kecil dan diresmikan tahun 1780, dimana tsar Rusia berhasil menang atas kekaisaran Ottoman. Gereja ini dibangun tepat di mana Catherine yang Agung menerima berita kemenangan tersebut.

Selain gereja-gereja di atas, ada banyak gereja klasik lain yang bisa kita datangi saat berkunjung ke Saint Petersburg Rusia, lho. Jangan lupa ceritakan pengalamanmu kalau sempat berkunjung ke kota ini, ya. 

 

Sumber : takeusanywhere
Halaman :
1

Ikuti Kami