Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
351


Kehidupan pernikahan itu akan berhasil ketika suami istri saling bekerja sama ibarat sebuah tim. Apalagi kalau sudah punya anak, tanggung jawab suami istri akan lebih besar lagi. Tanggung jawab terbesar untuk memenuhi kebutuhan keluarga berada di pundak suami. Karena itu, setelah menikah suami patut berpikir lebih dewasa untuk bisa membahagiakan istri dan anak-anaknya lewat penghasilan yang dia bisa dapatkan.

Tapi tetap saja, gak semua suami berpikiran dewasa. Ada beberapa diantaranya yang justru seolah melepaskan tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Dia sama sekali jadi pemalas dan bahkan gak mau bekerja. Kalau sudah begini, apa sih yang harus dilakukan seorang istri supaya gak hidup dalam tekanan dan rasa stress?

Daripada marah, merepet karena suami nganggur dan malas kerja, jauh lebih baik untuk memotivasi pasanganmu untuk membangun kembali semangatnya.

#1  Motivasi dia supaya semangat mencari kerja

Kalau pasanganmu sedang menganggur, penting sekali untuk selalu menguatkan dan memotivasi dia. Karena semakin kamu marah atau merepet, semakin sulit pula untuk membuat dia menyadari soal tanggung jawabnya sebagai kepala rumah tangga.

#2  Minta supaya dia membantu di rumah

Saat suami malas bekerja, gak ada pilihan lain selain memintanya untuk menggantikanmu mengerjakan pekerjaan rumah. Misalnya, kalau kalian punya anak balita yang harus diurus sementara kamu harus pergi bekerja, mintalah suamimu untuk ambil alih pekerjaan itu. Bagilah tugas rumah tangga bersama dengan dia baik membereskan rumah, membuang sampah, mencuci pakaian, menyedot debu atau bahkan memasak.

#3  Dorong dia untuk melakukan sesuatu yang produktif

 Mungkin dia nganggur karena dorongan kemalasan yang timbul dari dalam dirinya. Nah, sudah saatnya untuk menjadi aktif kembali. Ingatkan dia bahwa perjalanan hidup yang kalian lalu adalah perjalanan yang masih sangat panjang. Karena itu, sudah waktunya dia harus bangkit dan bergerak aktif mencari inspirasi di luar. Misalnya, mendorongnya untuk pergi ke seminar-seminar bisnis atau usaha.

#4  Temukan hobi

Saat seseorang nganggur, penting sekali bagi dia untuk mencari pekerjaan baru dan menghadiri interview kerja. Tapi dia gak bakal pernah bisa mendapat pekerjaan baru yang dia inginkan kalau dia gak tau harus memulainya dari mana.

Jadi, berikanlah masukan kepada dia bagaimana kalau dia sebaiknya memulai hobinya, menggali apa yang dia gemari dan membuatnya aktif. Melakukan hobinya bisa jadi akan membantunya untuk menemukan pekerjaan baru.

#5  Ikut jadi relawan

Ini ide paling keren yang bisa kamu lakukan untuk membangkitkan kembali semangat suamimu yang sedang nganggur. Daripada kerjanya hanya main game atau nongkrong di warung kopi tanpa melakukan apa-apa, akan lebih baik kalau kamu mendorongnya untuk ikut dalam kegiatan sosial. Misalnya, jadi volunteer (relawan) atau jadi pembantu di bidang sosial.

Tentu saja untuk bisa melakukan kelima hal di atas, kamu perlu kesabaran dan juga kekuatan dari Tuhan. Jadi, sebelum kamu memilih untuk marah mulailah lebih dulu untuk datang kehadirat Tuhan. Minta supaya Tuhan memberimu kebijaksanaan untuk menghadapinya.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

0 Answer

Kefas Yonas 16 August 2018 - 02:13:34

shalom , apakah tanya tentang wetong kepada orang .. more..

0 Answer

Christian 14 August 2018 - 10:38:46

prolegomena

0 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week 2


7189

Gempa Lombok